Cuaca Buruk, Pelabuhan di Kepulauan Sumenep Ambruk Diterjang Ombak

Kondisi Dermaga Pelabuhan Tarebung, Pulau Sapudi, Sumenep
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Sejumlah fasilitas umum di kawasan pelabuhan Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur alami kerusakan akibat diterjang ombak. Cuaca buruk yang terjadi di sebagian besar wilayah Jawa Timur mengakibatkan pelayaran kapal laut ditunda sementara waktu.

Konsumsi Listrik di Jatim Naik 3,30 Persen, Begini Cara Hemat Energi

Salah satu fasilitas umum yang rusak adalah Dermaga Pelabuhan Tarebung Pulau Sapudi. Dermaga tersebut biasa digunakan masyarakat keluar masuk Pulau Sepudi dari daratan Sumenep maupun Jawa melalui jalur laut.

Dermaga tersebut merupakan akses utama bagi pengguna motor dan mobil di Pulau Sapudi. Sehingga kerusakan tersebut mengganggu stabilitas laju transportasi darat maupun laut. 

Mencintai Diri Sendiri, Solusi Cegah Depresi hingga Upaya Bunuh Diri

Seorang warga sekitar Pelabuhan Tarebung, Atmawi mengatakan bahwa kerusakan tersebut ditimbulkan karena cuaca ekstrem yang terjadi pada Jumat sore, 23 Desember 2022 kemarin. Saat kejadian tak banyak warga yang tahu. Warga baru mengetahui keesokan harinya pada Sabtu pagi 24 Desember 2022, sekira pukul 05.00 WIB.

“Tadi iseng-iseng beberapa warga melihat situasi pelabuhan, ternyata ada yang rusak,” kata Atmawi dalam keterangan yang diterima Viva Jatim pada Sabtu, 24 Desember 2022. 

Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru, 3 Orang Tewas

Ia pun menduga bahwa kerusakan tersebut terjadi karena diterjang ombak terlalu keras. Hingga dermaga pun ambruk dan mengalami kerusakan parah. 

Di samping itu, masih kata Atmawi, kondisi bangunan dermaga tergolong sudah tua dan agak rapuh. Sehingga terjangan ombak semakin membuat jembatan tersebut rata dengan tanah. 

Halaman Selanjutnya
img_title