Koarmada TNI AL Bantu Warga Pulau Bawean yang Terisolasi

Sungai di Pulau Bawean yang meluap karena cuaca ekstrem.
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Komando Armada (Koarmada) Timur TNI AL di Surabaya mengirim KRI Dr Soeharso untuk membantu pengirima logistik ke Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Selain persediaan sembako menipis, warga juga terdampar di Gresik akibat gelombang laut tinggi dalam sepekan terakhir ini.

Bupati Gresik: Mudik Gratis Santri Sudah Berjalan 3 Tahun Bagian dari Janji Nawa Karsa

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Kadishub) Gresik, Irfak mengatakan bahwa kapal bantuan tersebut telah berangkat menuju Pulau Bawean pada pukul 14.00 WIB dari Pelabuhan Tanjung Perak di area Koarmada TNI AL Surabaya.

"Diperkirakan kapal itu akan tiba di Bawean sekitar jam 06.00 WIB pada Jumat pagi," katanya saat dikonfirmasi, Rabu, 28 Desember 2022.

Hadir saat Bakti Sosial Bareng TNI AL, Pj Gubernur Jatim: Perbaikan Infrastruktur Jadi Prioritas

Irfak mengatakan, kapal TNI AL itu nantinya akan mengangkut sekitar 500 warga Bawean yang sudah sepekan terdampar di Gresik. Mereka akan diangkut dengan kendaraan milik Pemkab Gresik, seperti mobil Satpol PP, BPBD, dan bus Pemkab. 

"Semua kendaraan milik Pemkab Gresik akan dikerahkan, tapi kemungkinan hanya bisa mengangkut sekitar 500 orang. Demikian juga dengan kendaraan sembako," katanya. 

TNI AL Salurkan Ribuan Paket Bantuan Bagi Korban Gempa Bumi Tuban dan Bawean

Oleh karena itu, Irfak mengimbau calon penumpang kapal bantuan berkumpul di halaman Pemkab Gresik, dan pukul 11.00 WIB akan diberangkatkan ke Surabaya. Ia menyarankan masyarakat tidak berangkat sendiri, karena dikhawatirkan tidak bisa masuk ke area Koarmada TNI AL. 

"Lebih baik berangkat bersama dari Pemkab, nanti semua kendaraan akan diberi stiker sebagai penanda rombongan. Karena kalau tidak, khawatir dicegat oleh petugas," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title