Pemprov Jatim Serahkan Ratusan Instalasi Listrik di Tulungagung-Trenggalek

Penyerahan bantuan IRSR dan Token Listrik Gratis
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan bantuan Instalasi Rumah Sambungan Rumah (IRSR) dan Pemberian Token Listrik Gratis. Total bantuan sebanyak ratusan penerima manfaat di Kabupaten Tulungagung dan Trenggalek, Kamis 29 Desember 2022.

5 Bangunan Rusak Diterjang Banjir Bandang di Munjungan Trenggalek

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, bantuan tersebut sebagai bentuk penguatan ekonomi, pendidikan hingga status sosial keluarga. Sebab, listrik menjadi gerbang masuk ekonomi.

"Masyarakat bisa tenang menikmati listrik, tidak ada kekhawatiran. Bagi yang anaknya sekolah, bisa melakukan proses pembelajaran lebih lama. Kalau ada listrik dan tentu kita berharap semua bisa memberikan derajat kehidupan masyarakat yang lebih baik semuanya," ungkapnya.

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

Perempuan yang pernah menjadi Menteri Sosial ini menambahkan, dengan adanya bantuan listrik bagi masyarakat yang merintis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa mendorong pertumbuhan ekonomi. Termasuk dalam menjalankan ibadah di malam hari bisa lebih nyaman.

 "Intinya elektrifikasi akan bisa meningkatkan kualitas hidup ekonominya. Mungkin merintis UMKM, barangkali ada proses yang mungkin mereka membutuhkan cold storage, kita harapkan bisa meningkat," paparnya.

12 Rumah di Trenggalek Tertimpa Tanah Longsor

 Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Jatim, Mohammad Gunawan Saleh menjelaskan pemberian bantuan ini akibat terjadinya inflasi dan kenaikan BBM. Maka Pemerintah Provinsi Jawa Timur berinisiatif mengambil kebijakan Bantuan Sosial IRSR dan Token Listrik Gratis di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Timur.

"Kabupaten Tulungagung menerima bantuan sosial IRSR dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 249 KK. Tersebar di Kecamatan Sendang dan bantuan token listrik gratis senilai Rp 300 ribu dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 305 KK yang tersebar di Desa Kauman," ungkap Mohammad Gunawan Saleh.

Halaman Selanjutnya
img_title