Banyak Jalan Rusak, DPRD Jatim Minta Perbaikan Segera Direalisasikan

PU SDA Provinsi Jawa Timur
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Jatim – Komisi D DPRD Jawa Timur meminta agar pemerintah segera memperbaiki sejumlah jalur yang rusak. Salah satunya jalur Guyangan-Pajeng yang menghubungkan dua kabupaten yakni Nganjuk dan Bojonegoro. Sebab jalur alternatif itu rusak parah akibat aktivitas truk kelebihan tonase yang membawa material pembangunan waduk Semantok, di Bojonegoro. 

Selama Libur Lebaran, Satlantas Polres Nganjuk Siapkan Bengkel Keliling Gratis Layani Pemudik

Ketua Komisi D DPRD Jawa Timur, dr Agung Mulyono berharap agar Pemprov Jatim bekerjasama dengan kabupaten Bojonegoro untuk mempercepat perbaikan jalan tersebut, agar tidak menganggu ekonomi masyarakat. 

Dia menilai, seharusnya kontraktor pembangunan waduk Semantok juga ikut bertanggung jawab. Karena jalur itu dilewati oleh truk yang memuat material pembangunan waduk. 

Jabat Tangan dengan Ribuan Warga, Pj Gubernur Jatim Gelar Open House di Gedung Grahadi

"Jadi harus secepatnya berkolaborasi dengan kabupaten seperti Bojonegoro dan kami sebagai mitra akan mengawal untuk mencari solusi agar secepatnya bisa diperbaiki," katanya, Selasa, 10 Januari 2023.

Dari hasil hearing antara komisi D DPRD Jatim dengan UPT Pengelolaan Jalan dan Jembatan Kediri Dinas PU Bina Marga Jatim, terungkap sejumlah permasalahan. Selain kerusakan jalur Guyangan-Pajeng, sejumlah ruas jalan provinsi juga mengalami kerusakan.  

Pom Mini di Bojonegoro Ludes Terbakar Diduga Akibat Korsleting Listrik

Di antaranya adalah jalur Kota Kediri-Kabupaten Blitar, jalur Pare-Jombang. Kondisi jalur provinsi itu harus mendapatkan perbaikan berkala karena sering dilalui truk pasir dan material yang kelebihan tonase. 

Di samping itu, jalur provinsi dari arah Ngantru, Tulungagung kearah Srengat, Blitar kondisinya juga memprihatinkan. Jalur itu juga mengalami kerusakan, sehingga perlu mendapat perbaikan secara berkala. 

Halaman Selanjutnya
img_title