PKB Usul 2 Nama Jalan di Surabaya Diubah: Sultan Iskandar Muda Diganti Hasan Gipo

Anggota Fraksi PKB DPRD Surabaya Camelia Habiba.
Sumber :
  • Dokumen Camelia Habiba

JatimFraksi PKB DPRD Kota Surabaya mengusulkan pergantian nama dua jalan di Kota Surabaya. Usulan tersebut dikemukakan karena nama dua jalan dimaksud tidak berhubungan dengan Kota Pahlawan. Dua nama jalan yang diusulkan diubah itu ialah Jalan Sultan Iskandar Muda di Kecamatan Semampir dan Jalan Bubutan di Kecamatan Bubutan.

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

Anggota Fraksi PKB DPRD Surabaya Camelia Habiba menjelaskan, fraksinya mengusulkan agar nama Jalan Bubutan diganti dengan Jalan KH Ridwan Abdullah. Tokoh dimaksud ialah pencipta lambang Nahdlatul Ulama (NU) yang rumahnya berada di kawasan Jalan Bubutan kini. Di jalan tersebut juga terdapat kantor PCNU Surabaya.

Dahulu, lanjut Habiba, kantor PCNU Kota Surabaya digunakan para pendiri NU sebagai kantor PBNU pertama. Di kantor itu pula gagasan dan spirit nasionalisme dibangun para pendiri NU. “Kantor PC NU Surabaya  adalah tempat sejarah kantor PBNU pertama," katanya kepada wartawan pada Kamis, 12 Januari 2023.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Jalan kedua yang diusulkan diubah oleh Fraksi PKB ialah Jalan Sultan Iskandar Muda di Kecamatan Semampir. Habiba menuturkan, partainya ingin jalan tersebut diubah menjadi Jalan Hasan Gipo, Ketua Umum PBNU pertama. Kata Habiba, di sekitar jalan tersebut terdapat Langgar Gipo, cagar budaya yang bertalian sejarah dengan perjuangan KH Mas Mansyur.

Habiba berpendapat, kendati dianugerahi gelar Pahlawan Nasional, nama Sultan Iskandar Muda tidak ada hubungannya dengan sejarah Kota Surabaya. “Pahlawan Iskandar Muda tidak ada History dengan Surabaya. [Sedangkan] Hasan Gipo adalah Ketua NU pertama, yang tidak jauh dari sana ada situs sejarah Langgar Gipo [yang] menjadi cagar budaya dan sejarahnya ada keterkaitan dengan KH Mas Mansyur," beber dia.

Calonkan Diri Jadi Bupati, Kepala BPKAD Lamongan Siap Mundur dari ASN

Selain peran Kiai Ridwan dan Hasan Gipo kepada bangsa ini, menurut Habiba nama kedua tokoh tersebut perlu disematkan menjadi nama jalan di Kota Surabaya sebagai kado di momentum peringatan 1 Abad NU yang puncaknya akan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada 7 Februari mendatang.

"Usulan nama jalan Ini menjadi kado satu abad NU, karena Surabaya adalah kota Lahirnya Nahdlatul Ulama. Fraksi PKB akan mencari dukungan di Yos Sudarso (kantor DPRD) karena minimal dua fraksi bisa mengusulkan Raperda Inisiatif DPRD," pungkas Wakil Ketua Komisi A DPRD Surabaya itu.