Dua Pos Damkar Anyar Percepat Penanganan Kebakaran di Kabupaten Kediri

Salah satu petugas damkar kabupaten Kediri
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Jatim – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri mengoperasikan dua pos pemadam kebakaran (Damkar) anyar. Tidak lain supaya mempercepat penanganan jika terjadi kebakaran sewaktu-waktu. Dua titik berada di Kecamatan Ngadiluwih dan Kecamatan Grogol guna memperkuat pos pusat di Kecamatan Pare.  

Diduga Akibat Korsleting Listrik, 4 Rumah di Bojonegoro Ludes Terbakar

"Dua pos baru di Grogol dan Ngadiluwih sudah mulai dioperasionalkan awal pekan ini," beber Kepala Bidang Pencegahan Kebakaran Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kediri Stefanus Joko Sutrisno, Jum'at 13 Januari 2023.

Selain itu, adanya pos damkar baru adalah realisasi janji Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat melakukan kunjungan di kantor pemadam kebakaran Kecamatan Pare, pada 2021 silam. 

Menilik Sejarah Kabupaten Kediri yang Berusia 1220 Tahun

Mas Dhito, sapaan akrabnya menginginkan penambahan pos baru dapat sebagai gerak cepat penanganan seandainya terjadi kejadian kebakaran. Baik jika terjadi di wilayah Barat sungai ataupun di Kediri bagian Selatan.

Ditambah lagi, Mas Dhito menjelaskan dua pos damkar dapat memenuhi standar respon time atau waktu tanggap terhadap pemberitahuan hingga pelayanan pemadaman tidak melebihi dari 15 menit dari pos terdekat. Termasuk juga meminimalisir kerugian akibat kebakaran. 

Jari Bocah TK Tersangkut Lego hingga Bengkak, Damkar Tuban Turun Tangan

"Selama ini, dari kejadian kebakaran yang sesuai respon time kita masih 60 persennya," bebernya.

Selain jalanan yang kian padat, rata-rata jarak antara lokasi kejadian dengan Pos Pare terbilang jauh. Sehingga secara langsung respon time 15 menit itu tidak memenuhi. 

Halaman Selanjutnya
img_title