Diduga Sebabkan Keracunan, Dinkes Tulungagung Larang Konsumsi Chiki Ngebul

Chiki Ngebul dengan gas cair nitrogen
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rokhmat mengungkapkan bakal membuat surat edaran pelarangan mengonsumsi chiki ngebul. Pelarangan tersebut berawal dari dugaan keracunan chiki ngebul yang bercampur nitrogen cair di berbagai daerah.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

"Ada hal-hal yang memang perlu diperhatikan, sebab muncul kasus dugaan keracunan nitrogen cair yang dipakai dalam chiki ngebul," ujar dr Kasil Rokhmat kepada Viva Jatim, Selasa 17 Januari 2023.

Larangan dari Dinkes Tulungagung itu juga bakal ditempel di beberapa fasilitas kesehatan agar mudah dilihat masyarakat. Tidak hanya itu, pihaknya turut aktif melakukan sosialisasi untuk mencegah masyarakat mengonsumsi chiki ngebul, khususnya anak-anak.

Bayi Kembar Siam di Tulungagung Dioperasi Pemisahan Tunggu 8-10 Bulan

dr Kasil menjelaskan, larangan tersebut berlaku sampai nanti Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil penelitiannya.

"Insiden keracunan chiki ngebul diduga fatal untuk kesehatan. Penyebab pastinya akan diteliti lebih lanjut oleh Kementerian Kesehatan," terangnya.

Ambulans Angkut 8 Penumpang Alami Kecelakaan di Tulungagung, 3 Luka-luka

Kendati dilarang, masih belum ada sanksi yang diberikan baik untuk pedagang penjuang chiki ngebul. Tidak hanya petugas kesehatan saja, dr Kasil mengimbau masyarakat proaktif mematuhi larangan. Supaya terhindar dari kejadian keracunan nitrogen cair seperti halnya di daerah lain.

"Sekali lagi masih sebatas peringatan, sebab saat ini masih diteliti lebih lanjut. Apakah kandungan komposisi atau penyebab lain yang timbul menyebabkan keracunan," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title