DPRD Jatim Dorong Pemprov Optimalkan SMANOR untuk PPLP

Hikmah Bafaqih DPRD Jatim
Sumber :
  • A. Thoriq/ Jatim Viva

JatimKomisi E DPRD Jawa Timur mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Timur optimalkan SMA Negeri Olahraga (SMANOR) milik Pemprov Jatim. Bukan tanpa alasan, dorongan tersebut demi memajukan minat pemuda dalam dunia olah raga, khususnya dalam olahraga pendidikan sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang (UU) No 11 Tahun 2022. 

Pemprov Jatim Target Deviden Bank UMKM Naik 200 Persen

Menjalankan amanat olah raga pendidikan, Kemenpora mempunyai program Pendidikan dan Pelatihan Olahraga Pelajar (PPLP), namun di Jatim PPLP masih belum terkoordinir dengan baik. Oleh karenanya, fasilitas yang ada seperti SMANOR harus dimaksimalkan. 

"Kita punya SMANOR, tingal bagaimana kemudian SMANOR kita revitalisasi, kita optmalkan," kata Wakil Ketua Komisi E Hikmah Bafaqih saat melakukan kunjungan ke Dinas Pemuda dan Olah Raga Pemprov Jabar, Kamis 19 Januari 2023. 

Jabat Tangan dengan Ribuan Warga, Pj Gubernur Jatim Gelar Open House di Gedung Grahadi

Ia katakan, berdasarkan Data Statistik Sosial Budaya (BPS) pada tahun 2021, budaya berolahraga penduduk Jawa Barat berumur 5 tahun ke atas berada di peringkat 2 nasional, sedangkan Jatim di peringkat 16 dan di bawah rata-rata nasional. Ia perkirakan salah satu faktor mengapa Jatim masih kalah dalam segi olah raga, karena pelatihannya tidak terpusat. 

"Memang mungkin tidak terpusat ya pelatihannya. Dana dari APBN saja, kita salurkan langsung kepada atlet di masing-masing cabang olah raga," ujarnya. 

Pj Gubernur Jatim Harap Kontes Bandeng Kawak Gresik 2024 Jadi Agenda Tahunan Nasional

Untuk pendanaan, politisi PKB ini menambahkan untuk PPLP masih mengandalkan dana dari APBN dibawah naungan Menpora, belum ada dari APBD. Namun jika PPLP sudah terkoordinir dengan baik, dana APBD pasti akan ada. 

"Kita baru APBN untuk PPLP, karena tidak ada budget khusus dari APBD untuk PPLP, karena memang tidak terpusat," katanya. 

Halaman Selanjutnya
img_title