Sambut Tahun Baru Imlek 2023, Titik Nol Kota Santri Jombang Bersolek Lampion

Pemasangan lampion di Ringin Contong Jombang
Sumber :
  • Viva Jatim/M Lutfi Hermansyah

JatimKota santri Jombang sambut Tahun baru Imlek 2023 dengan cara menghiasi lampion-lampion di titik nol Kabupaten Jombang tepatnya di Ringin Contong Jombang. 

Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

Sebanyak 135 lampion yang di pasang mengelilingi Ringin Contong itu didapat dari hasil iuran warga Jombang termasuk warga etnis Tionghoa.

"Total seluruh lampion ini 135, ini kita dapat dari iuran warga Jombang yang terkumpul sebanyak Rp 12 juta," ujar Agus Purwanto penanggung jawab Ringin Contong pada Kamis, 19 Januari 2023. 

Sebanyak 169 Anggota Perguruan Silat Diamankan Polisi di Jombang, Ada Apa?

Agus mengatakan, tradisi pasang lampion untuk menyambut Tahun Baru Imlek ini sudah berjalan beberapa tahun bahkan sudah menjadi tradisi untuk mempercantik titik nol kota santri. 

"Konsep pemasangan ya seperti biasa, yang penting terlihat cantik dengan gemerlap lampion saat dinyalakan," bebernya. 

Tanah Bergerak Sebabkan Puluhan Rumah Warga di Jombang Rusak

Terpisah, Yusianto Santoso pengurus Indonesia Tionghoa Jombang menyebut satu lampion kecil harganya Rp 35 ribu, ukuran sedang Rp 55 ribu hingga yang paling besar dan bentuk susun kisaran Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu.

Yusianto juga mengatakan, ratusan lampion di pasang pada perayaan Imlek tidak lebih dari cara etnis Tionghoa Jombang membangun kebaikan di lingkungan. Selai itu untuk mengajak masyarakat berbaur dengan cara sederhana. 

Halaman Selanjutnya
img_title