Khofifah Resmikan Huntap Tanah Longsor di Trenggalek

Gubernur Jatim Khofifah meresmikan Huntap di Trenggalek.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meresmikan Hunian Tetap Kampung Indah Permai (KIP) Desa Sumurup Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek. Total ada 29 rumah layak huni lengkap dengan kamar mandi serta aliran listrik siap ditempati warga.

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

"Ini kerja bersama, sinergitas bersama, dan kolaborasi bersama. Bagaimana perlindungan kepada masyarakat bisa kita maksimalkan, ketika terjadi bencana alam kemarin ada longsor, tanah retak, banjir bandang dan seterusnya," beber Khofifah Indar Parawansa, Senin 23 Januari 2023.

Gubernur perempuan ini sebelumnya gerak cepat beberapa pasca kejadian tanah longsor memberikan beberapa solusi yang bisa dilakukan. Kebetulan, Bupati Trenggalek, Moch Nur Arifin menyampaikan ada lahan Pemprov di sini, sehingga bisa langsung digunakan untuk relokasi ditempat tersebut.

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

Tidak berhenti di situ, di depan ini ada lahan yang bisa digunakan untuk penguatan ekonomi masyarakat. Pasalnya, tidak sedikit masyarakat yang memiliki hewan ternak, baik berupa kambing maupun sapi. Sehingga hunian layak ditunjang dengan kandang hewan peliharaan akan menjadi stimulus warga.

"Berdasarkan diskusi sementara akan digunakan kandang komunal. Mereka yang ada di Huntap KIP ini masyarakat yang ada di Sumurup ini. Sehingga sinergitas di antara warga bersama-sama bisa mendorong dan mendukung," ujarnya.

Selamatan Durian Trenggalek, Mas Ipin: Menjaga Alam Berikan Keberkahan

Sementara, Bupati Trenggalek, Moch Nur Arifin mengungkapkan rasa syukur dan berterima kasih atas kepedulian dan gerak cepat Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, BPBD Jatim Pemprov Jatim beserta jajaran. 

"Hari ini Bu Gubernur langsung datang sebagai bentuk kepedulian karena kita sama-sama tahu sejak bulan Oktober dengan kondisi longsor," ujar Arifin.

Halaman Selanjutnya
img_title