Warga Bangun Tugu 1 Abad NU Setinggi 3 Meter di Tulungagung

Tugu 1 Abad NU di Desa Tenggur, Tulungagung
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Beragam ekspresi yang dituangkan Nahdliyin atas sampainya genap usia satu abad Nahdlatul Ulama. Salah satunya Nahdliyin di Kabupaten Tulungagung yang membangun tugu berukuran setinggi 3 meter dan lebar pondasi 2 meter.

Pemkot Surabaya Antisipasi Urbanisasi Besar-besaran Usai Lebaran

Adalah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tarbiyatul Islamiyah bersama Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Tenggur, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung yang membuat tugu permanen 'Satu Abad NU'.

"Awalnya Ketua PRNU Tenggur, KH Hadi yang ngomong ke dirinya ingin membuat sebuah monumen. Namun, belum punya gambaran monumen apa dan bentuknya seperti apa," ungkap Kepala MI Tarbiyatul Islamiyah, Kholik Nawawi, Kholik Nawawi, Senin 6 Februari 2023.

Kupatan Durenan Trenggalek Sudah Ada Sejak 2,5 Abad Silam

Selanjutnya, ia mengusulkan dari pada repot membuat ide baru, lebih baik mengikuti logo satu abad. Saat itulah ternyata cocok dan ditindak lanjuti dengan merencanakan proses pembangunan bersama.

Kholik mengaku, proses awal peletakan batu pertama pada tanggal 1 Rajab 1444 pada tengah malam setelah isya' baru dimulai. Ia bersyukur bisa rampung pada hari ini, terhitung sekitar dua minggu pengerjaan. Semua dilakukan dengan cara roan (gotong royong) secara bergantian.

Berangkat Melaut Sendirian, Nelayan di Tuban Hilang Saat Cari Ikan

"Tugu ini dalam rangka menjadi penanda, sebagai bagian dari rasa syukur. Sekaligus agar lebih semangat berkhidmah di NU, dengan mendirikan monumen prinsipnya teman-teman bukan hanya cinta NU tetapi enaknya gila NU," jelasnya.

Alumnus STAIN Tulungagung yang sekarang menjadi UIN SATU Tulungagung ini mengungkapkan, lokasi yang dipilih adalah berada di perempatan dekat MI Tarbiyatul Islamiyah. Lantaran, pihaknya tidak ingin mengambil risiko dengan ditempat lain.

Halaman Selanjutnya
img_title