Lantik 15 Pejabat Kejaksaan, Ini Harapan Kepala Kejati Jatim

Kepala Kejati Jatim, Mia Amiati lantik 15 Pejabat Kejaksaan
Sumber :
  • Viva Jatim/Yudha Fury

JatimKepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur Mia Amiati secara resmi melantik 15 Pejabat Korps Adhyaksa, Rabu, 8 Februari 2023 di Aula Kejati Jatim

Nelayan Enggan Gunakan Jaket Keselamatan saat Melaut karena Ribet

Dalam pelantikan itu, Mia menjelaskan pergantian posisi di suatu organisasi merupakan hal yang biasa dan merupakan bagian dari peremajaan Sumber Daya Manusia. Selain itu dalam setiap proses penegakan hukum haruslah melihat kearifan lokal daerah keberadaan Rumah Restorative Justice (RJ) yang sudah ada lebih dimaksimalkan. 

Hal ini dilakukan agar nantinya penerapan hukum dapat bersesuaian dan tidak berseberangan dengan proses pemulihan ekonomi nasional pasca Pandemi Covid-19. 

2 Agen BRI Link di Lamongan Dirampok Pria Bersenpi, Pelaku Pura-pura Jadi Nasabah

"Kita harus melihat adanya indikasi awal apakah memang ini kesalahan administrasi atau fakta, sehingga kita harus melihat apakah ada mens rea (niat jahat) atau tidak selama 3x20 hari, jika ada indikasi itu maka kita wajib segera ke proses penegakan hukum," ungkap Mia.

Mia juga berharap, nantinya Kejaksaan dapat berkoordinasi lebih intens dengan Pemerintah Daerah masing-masing sesuai wilayahnya, untuk bisa turut berperan aktif dalam rangka pencegahan inflasi daerah. "Kita bisa mengupayakan banyak kepastian hukum, sehingga adanya jaminan bagi investor untuk berani masuk ke Jatim," ungkap Mia.

Dishub Jatim Pastikan Angkutan Umum Siap Layani Masa Mudik Lebaran 2024

Selain itu, Kejaksaan Negeri harus memaksimalkan rumah RJ,  tidak hanya meresmikan namun harus adanya keaktifan, tidak hanya digunakan untuk kepentingan menghentikan penuntutan.  

"Kita harus aktif untuk melakukan pendampingan dan motivasi dalam penerapan RJ ini di semua bidang termasuk Intel yang bisa memberikan pendampingan kepada kades," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title