Kata Dokter Ini Olahraga Terbaik bagi Anak Penderita Diabetes

Kata Dokter Ini Olahraga Terbaik bagi Anak Penderita Diabetes
Sumber :
  • Viva.com

JatimOlahraga sangat dianjurkan dilakukan oleh setiap orang, termasuk anak-anak. olahraga menjadi kegiatan yang sangat  bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit. Diyakini olahraga mampu meningkatkan imunitas tubuh

Bahaya Pergaulan Bebas Mengintai Anak, Begini Cara Mencegahnya

Sebagaimana yang dikatakan oleh Ketua Unit Kerja Koordinasi Endokrinologi IDAI, Dr Muhammad Faizi, SpA(K) menuturkan bahwa ada kunci yang harus dipahami orangtua dalam memberikan olahraga terbaik dan paling tepat pada anak sehat atau penyandang diabetes.

Menurutnya, olahraga menjadi salah satu cara paling sederhana untuk dicoba anak dalam mencegah diabetes maupun komplikasinya. Kendati begitu, sebagian orangtua belum memahami olahraga yang tepat bagi anak penyandang diabetes atau untuk langkah pencegahan penyakitnya. 

Ketua Partai Gerindra Gresik Jadi Pendaftar Pertama Calon Bupati di Partai Demokrat

"Rutin olahraga apapun. Dikatakan ahli bahwa kombinasi aerobik diutamakan dan melatih kekuatan otot. Itu diharapkan tiap hari dilakukan," tuturnya dalam temu media virtual beberapa waktu lalu.

Jenis olahraga kombinasi ini seperti push up, sit up, hingga aerobik. Namun pada anak, orangtua dapat mengajaknya sambil bermain sehingga terasa tak menyulitkan bagi si kecil. Gerakan latihan ini pun harus diberi durasi sehingga dapat dikatakan sebagai olahraga.

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

"Minimal 30-60 menit per hari. Olahraga apapun kalau  tidak rutin, nggak ada gunanya," tambahnya.

Dokter Faizi mengatakan bahwa ada dua jenis diabetes paling sering menyerang anak yakni tipe 1 dan 2. Untuk tipe 1, puncaknya pada anak usia 6 tahun hingga remaja. Sementara untuk tipe 2, bisa terjadi pada anak usia 6 tahun.

Halaman Selanjutnya
img_title