Menhan Prabowo: Babinsa Tulang Punggung Pertahanan Kita

Menhan Prabowo saat kunker ke wilayah Kodam V/Brawijaya
Sumber :
  • Yudha Fury/Viva Jatim

Jatim – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menyebut bahwa Babinsa merupakan tulang punggung pertahanan Indonesia. Untuk itu, pihaknya memberdayakan prajurit territorial itu dengan memberi bantuan kendaraan dinas. 

Momen Akrab, Prabowo dan Para Menteri Buka Bersama Ramadan 2024 bersama Joko Widodo

Pernyataan itu disampaikan Prabowo saat melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kodam V/Brawijaya di Ballroom Grand City Surabaya pada Senin, 13 Februari 2023. Ia juga memberikan pengarahan kepada 2.030 orang Babinsa yang bertugas di wilayah Kodam V/Brawijaya.

"Harapannya kita ingin memberdayakan koter (komando teritorial) di seluruh Indonesia, karena Babinsa merupakan tulang punggung pertahanan kita,  apalagi mereka (mempunyai) mobilitas tinggi dengan membina dua hingga tiga desa,” ujar Prabowo Subianto, saat ditemui usai pengarahan kepada prajurit teritorial Kodam V/Brawijaya di Surabaya. 

Nuzulul Quran, Pj Gubernur Jatim Ajak Gemar Tadarus hingga Bagikan Umrah Gratis

Mantan Danjen Kopassus tahun 1994-1995 ini memberikan bantuan kendaraan dinas jenis motor trail merek Honda Crf. Bantuan tersebut diberikan sebagai bentuk terima kasihnya atas pengabdian yang dilakukan oleh para prajurit teritorial itu. Sehingga dengan fasilitas kendaraan tersebut, bisa mendukung mobilitas Babinsa dalam menjalankan tugas. 

Sebagai simbolis, Prabowo Subianto memberikan beberapa unit motor trail siap tempur. Namun demikian, secara bertahap nantinya seluruh unit akan didistribusikan kepada penerimanya dengan spesifikasi yang sama. 

Baru 35 Persen Kapal Nelayan Prigi Trenggalek yang Kantongi Izin

"Nantinya semua Babinsa akan dapat, sementara ini hanya 100 aja sebagai simbolis,” tegas Prabowo Subianto. 

Sementara itu, salah seorang Babinsa dari Koramil 0818/28 Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Sersan Kepala (Serka) Usman mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan unit Honda Crf dari Menteri Pertahanan ini. 

Halaman Selanjutnya
img_title