Membanggakan, Pelajar Jatim Juara 1 Kompetisi Sains Internasional

Nathania, Juara 1 Kompetisi Sains Internasional
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Nathania, siswi SMAN 5 Surabaya, Jawa Timur berhasil mengukir prestasi membanggakan. Ia didaulat sebagai juara 1 dalam ajang kompetisi sains Taiwan International Science Fair (TISF) 2023. Karya penelitiannya tentang ekstrak kelor mampu menobrak keketatan kompetisi bergengsi itu. 

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

Di ajang kompetisi yang diikuti pelajar dari 22 negara di dunia itu, Nathania berhasil unggul di kategori Medicine and Health Science dengan gelar first place. Pahatan sejarah membanggakan yang diukir generasi muda Indonesia, khususnya di Jawa Timur. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan kebanggaannya. Selain mengucapkan selamat, Khofifah menegaskan bahwa saat ini dunia memang sangat membutuhkan pelajar inovatif di bidang sains dan teknologi. 

IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

Apa yang dilakukan Nathania, lanjut Khofifah, menjadi bukti bahwa Jawa Timur bisa melahirkan peneliti muda yang tak kalah dengan peneliti luar negeri. 

"Selamat untuk anakku Nathania. Prestasi yang berhasil diukir sekaligus membuktikkan bahwa pendidikan Jawa Timur mampu melahirkan peneliti muda berkualitas yang layak diperhitungkan oleh negara di kancah global," kata Khofifah dalam keterangan tertulis, Kamis, 16 Februari 2923. 

HUT PMII ke-64, Khofifah: Bangun Kualitas Pergerakan Bernafaskan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Dalam ajang TISF 2023 ini, Nathania mengusung inovasinya tentang ekstrak daun kelor bertajuk Moringa Extract (Moringa Oliefera) based Silver Nanoparticle Sisal Fabric as Antibacterial Againts Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus. Inovasi ini dinilai paling inovatif sehingga sukses mengantarkan Nathania mengalahkan 21 negara dunia. 

Sebelumnya Nathania juga merupakan peraih medali perak pada ajang National Science Fair for Indonesian Adolescets atau NASFIA 2022 yang diselenggarakan oleh Indonesia Scientific Society (ISS) secara online pada bulan November 2022 silam.

Halaman Selanjutnya
img_title