Sempat Macet akibat Banjir, Jalur Utama Jember-Bondowoso Kembali Lancar

Suasana kemacetan akibat banjir di Bondowoso
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Arus lalu lintas di jalur utama Jember-Bondowoso lumpuh total akibat banjir dengan ketinggian air lebih dari 30 centimeter. Banjir tersebut diakibatkan karena luapan air sungai di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur pada Jumat, 17 Februari 2023. 

Dihantam Ombak, Penambang Pasir di Bojonegoro Hilang Tenggelam

Namun tak berselang lama, banjir itupun berangsur surut dan lalu lintas kembali normal atau lancar. Hal ini disampaikan Sulaeman, anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso.

"Baru saja sekitar pukul 18.30 WIB arus lalu lintas Jember-Bondowoso kembali lancar karena banjir berangsur surut," kata Sulaeman dalam keterangan yang diterima Viva Jatim pada Jumat, 17 Februari 2023.

Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru, 3 Orang Tewas

Banjir itu juga merendam pemukiman penduduk di Desa Pancoran Kecamatan Bondowoso. Sehingga aktivitas warga terganggu. 

Menurut Sulaeman, banjir luapan air sungai itu terjadi setelah beberapa jam sebelumnya di wilayah Bondowoso diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Sehingga air di hulu Sungai Kecamatan Grujugan meluap ke areal persawahan hingga ke Desa Pancoran.

12 Rumah di Trenggalek Tertimpa Tanah Longsor

"Banjir luapan air sungai diperkirakan dari hulu di Kecamatan Grujugan. Memang tadi sore sampai petang banjir membuat arus lalu lintas sempat dialihkan lewat jalan alternatif Tamanan (Bondowoso) - Sukowono (Jember)," katanya.

Mengenai jumlah rumah terdampak banjir luapan air sungai di Desa Pancoran itu, kata Sulaeman, pihaknya bersama petugas BPBD lainnya masih melakukan pendataan.

Halaman Selanjutnya
img_title