BPBD Ungkap Misteri Penemuan Gunung Bawah Laut di Pacitan

Ilustrasi gunung bawah laut
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Belum lama ini, warga Jawa Timur, khususnya Kabupaten Pacitan digegerkan dengan penemuan gunung bawah laut di perairan setempat. Dari temuan ini, muncul asumsi dan persepsi yang beragam, hingga membuat masyarakat khawatir dan resah dengan kehadirannya. 

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Namun demikian, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan Erwin Andriatmoko meminta agar masyarakat tidak khawatir apalagi sampai panik dengan ragam informasi yang beredar soal temuan gunung bawah laut itu. 

Gunuh bawah laut di perairan Pacitan, menurut Erwin sudah ada sejak lama. Namun baru ditemukan. Untuk itu tidak ada kaitannya dengan aktivitas gempa yang terjadi di Pacitan belakangan ini.

Pemprov Jatim Raih Penghargaan SPM Award 2024, Berkat Tagline CETTAR

"Gunung itu betul ada, akan tetapi tidak ada kaitannya dengan aktivitas kegempaan yang terjadi di wilayah Pacitan selama ini. Jadi (sebaiknya) masyarakat tidak perlu khawatir," kata Erwin di Pacitan, dikutip dari VIVA, Selasa, 21 Februari 2023. 

Hal itu ditekankan Erwin menyusul viralnya berita temuan gunung bawah laut yang ada di kedalaman 3-4 kilometer di bawah permukaan laut, 200 kilometer barat daya Kota Pacitan.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

Ia menegaskan, gunung yang diidentifikasi Badan Informasi Geospasial (BIG) memiliki ketinggian sekitar 2.300 meter dari dasar laut itu sudah ada sejak lama, namun keberadaannya baru diketahui akhir-akhir ini.

"Tidak pernah ada dalam sejarah kemunculan gunung, apalagi gunung sebesar itu, dengan tiba-tiba, dalam artian sekali proses gempa. Berarti gunung itu sudah lama ada cuma baru terdeskripsi atau baru ditemukan," terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title