Gus Muhaimin Menjemput Pesan Kampus di Universitas Trunojoyo Madura

Menjemput Pesan Kampus di UTM Madura
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Jatim – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Gus Muhaimin melakukan serap aspirasi terkait berbagai persoalan yang muncul di lingkungan perguruan tinggi. Serap aspirasi dan ide atau gagasan bertajuk ‘Menjemput Pesan Kampus’ ini pertama kalinya digelar di Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Jawa Timur, Rabu 22 Februari 2023.

Calonkan Diri Jadi Bupati, Kepala BPKAD Lamongan Siap Mundur dari ASN

Dalam forum tersebut, sejumlah civitas akademik UTM menyampaikan berbagai persoalan, ide dan gagasan kepada Gus Muhaimin sebagai masukan dan usulan untuk dicarikan solusinya demi kemajuan bangsa.

Rektor UTM Dr Safi' menyampaikan rasa terima kasihnya karena UTM dijadikan sebagai sasaran pertama forum Gus Muhaimin Menjemput Pesan Kampus. Menurutnya, UTM lahir pada era Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang juga salah satu pendiri PKB. Sebelumnya, UTM berawal dari kampus swasta bernama Universitas Bangkalan Madura (Unibang). Pada era Presiden Gus Dur, diubah statusnya sebagai kampus negeri dan namanya menjadi UTM.

Soal Foto Bersama Dasco Gerindra, Cak Imin: Tak Ada Makna Tersembunyi, Hanya Aktifitas Biasa

Menurut Safi', tugas kampus tidak bisa hanya melaksanakan tridharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarajat. Lebih dari itu, bagaimana kampus bisa berperan lebih dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat. Di antaranya bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat di sekitar kampus. Safi' juga berharap agar UTM yang mayoritas mahasiswanya berasal dari kalangan menengah bawah bisa ditingkatkan perolehan beasiswanya.

Mantan Rektor UTM Dr Muh Syarif mengusulkan agar negara memiliki roadmap dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) sehingga kebijakan pemerintah dalam hal pendidikan tidak mudah berubah-ubah ketika terjadi perubahan rezim pemerintahan. "Jadi kita harus punya roadmap pembangunan SDM," tuturnya.

Khofifah Full Power di Pilgub Jatim 2024, Pengamat Politik: Mungkinkah PKB Beri Perlawanan?

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) UTM Surokim mengatakan bahwa UTM adalah halaman depan atau etalase Pulau Madura. Karena itu, kemajuan Madura bisa dilihat seberapa maju UTM. "Kehadiran Gus Muhaimin di UTM, kami menitipkan pesan agar kedepan bisa direalisasikan pembangunan Islamic Science Technopark. Ini penting sebagai simbol perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Madura di kaki Suramadu. Jadi ada simbol masyarakat Madura yang melek ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis Islam," harapnya.

Presiden Mahasiswa (Presma) UTM Ahmad Roby Gunawan berharap kalangan muda diberikan peran yang lebih luas lagi di pemerintahan sehingga kebijakan-kebijakan yang diambil bisa sesuai dengan kebutuhan kalangan muda yang jumlahnya sangat banyak.

Halaman Selanjutnya
img_title