Demi Jaga Keselamatan saat Cuaca Ekstrem, Pemkot Surabaya Terbitkan Surat Edaran ke Sekolah

Ilustrasi Cuaca Buruk
Sumber :
  • Yudha Fury/ Jatim Viva

Jatim –Mengantisipasi cuaca ekstrem, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya memberikan imbauan khusus kepada Kepala SD, SMP negeri dan swasta, serta Kepala PAUD dan Pendidikan Non Formal di Kota Surabaya. 

Banjir Bandang Selutut Orang Dewasa Landa Munjungan Trenggalek

Imbauan ini termaktub dalam Surat Edaran (SE) dengan nomor 400.3/4551/436.7.1/2023 mengenai Himbauan Cuaca Ekstrem. Surat edaran inii terbit berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyampaikan, di sejumlah wilayah Jawa Timur akan mengalami cuaca ekstrem.

Bahkan kondisi ini nantinya akan berpotensi berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, puting beliung, dan tanah longsor untuk daerah dataran tinggi.

Prakiraan Cuaca Lebaran Minggu, 14 April 2024 di Jatim: Terjadi Hujan

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Yusuf Masruh menjelaskan langkah ini sengaja diambil oleh pihak Pemkot Surabaya demi menjaga keselamatan para pelajar yang ada di Kota Pahlawan. Apalagi beberapa hari terakhir, hujan dengan intensitas tinggi sering melanda Kota Surabaya, dan di sejumlah titik pun sempat terjadi genangan.

“Saat ini memang perkiraan cuaca BMKG adalah cuaca ekstrem, imbauan saya yang ke luar kota bersama anak-anak, apalagi ke lereng gunung atau waduk, harapan kami tidak keluar kota atau ditunda terlebih dahulu. Karena ini berisiko untuk anak-anak,” kata Yusuf, Kamis, 23 Februari 2023. 

Hasil Pantauan BMKG, Idul Fitri 1445 H Jatuh pada Rabu Besok

Yusuf menambahkan usai diterbitkan dan disebar luaskan SE tentang Himbauan Ekstrem pada 22 Februari 2023 kemarin, tenaga Pendidikan yang ada di Kota Pahlawan bisa menerima dengan legawa. 

 “Alhamdulillah teman-teman bisa menerima. Ada yang konsultasi ke saya juga, karena sudah terlanjur membuat jadwal untuk berkegiatan di luar kota, saya minta untuk ditunda. Imbauan ini berlaku sampai ada informasi lebih lanjut dari BMKG. Kalau cuaca diprediksi sudah membaik iya tidak apa-apa,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title