Potensi Peningkatan Cuaca Ekstrem di Jatim bakal Terjadi Sepekan Kedepan

Ilustrasi Peningkatan Cuaca Ektrem
Sumber :
  • Yudha Fury/ Jatim Viva

Jatim –Cuaca Ekstrem akhir akhir ini yang sedang melanda Kota Surabaya dan sekitarnya, diprediksi masih akan terus terjadi hingga sepekan kedepan. Hal ini berdasarkan analisis kondisi alam Jawa Timur, khususnya di wilayah Surabaya dan sekitarnya yang masih berada di puncak musim hujan

Bus SSCT Manjakan Wisatawan dengan Keliling Kota Surabaya

Kepala Stasiun BMKG Klas I Juanda Sidoarjo, Taufiq Hernawan menjelaskan dengan kondisi dinamika atmosfer yang ada di Jawa Timur saat ini, cenderung terdapat potensi peningkatan cuaca ekstrem.

“Jatim masih signifikan terdapat potensi peningkatan cuaca ekstrem di beberapa wilayah pada tanggal 25 Februari hingga 3 Maret 2023,” kata Taufiq melalui keterangan tertulisnya, Jumat 24 Februari 2023.

Prakiraan Cuaca Lebaran Minggu, 14 April 2024 di Jatim: Terjadi Hujan

Lebih lanjut Taufiq menjelaskan, setidaknya terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan cuaca akstrem ini, mulai dari aktifnya La Nina lemah. Kemudian tarikan massa udara sebagai efek dari adanya pusat tekanan rendah di sebelah utara Australia sehingga membentuk pertemuan massa udara di langit Jawa Timur. 

“Terakhir adanya gelombang atmosfer Rossby dan Kelvin di Jatim berdampak pada peningkatan jumlah curah hujan di sebagian besar wilayah Jatim,” tuturnya.

Hasil Pantauan BMKG, Idul Fitri 1445 H Jatuh pada Rabu Besok

Dengan adanya potensi peningkatan cuaca ekstrem ini, Taufiq mengimbau agar masyarakat tetap waspada, lantaran hal ini bisa mengakibatkan bencana hidrometeorologi, seperti genangan air, banjir, puting beliung hingga hujan es dan untuk dataran tinggi beresiko adanya tanah longsor. 

Diketahui, terdapat beberapa daerah yang harus meningkatkan kewaspadaan, yaitu di wilayah Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, pulau Bawean, Kota Surabaya, Kabupaten  Sidoarjo, Lamongan, Gresik, Tuban, Bojonegoro, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Magetan, Nganjuk, Ngawi, Jombang, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Pacitan, Tulungagung, Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Ponorogo, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, Situbondo,. Bondowoso, Banyuwangi, Jember, Lumajang, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang.

Halaman Selanjutnya
img_title