PDIP Ungguli PKB dan Golkar di Jatim Menurut Survei ARCI

Hasil survey elektabilitas parpol versi ARCI
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim –Partai berlambang banteng moncong putih, PDIP, mengungguli dua partai besar lainnya di Jawa Timur, yakni PKB dan Golkar. Hal tersebut berdasarkan hasil survei elektabilitas partai politik yang dilakukan Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) di Jawa Timur setahun jelang pemilihan legislatif.

Pasokan PMI Minipis, Kapolres Mojokerto Perintahkan Personel Donor Darah

PDIP kini berhasil menduduki peringkat pertama dengan elektabilitas 16,7%. Sementara PKB sebesar 15,4%. Sedangkan Golkar mampu menduduki peringkat ketiga dengan elektabilitas 12,9%, menyalip Gerindra yang memiliki elektabilitas 12,3%.

"Dari temuan survei kami di bawah, PDIP kini menjadi parpol dengan elektabilitas tertinggi di Jatim. Tiga bulan lalu masih PKB, kini PDIP," kata Direktur ARCI Baihaki Siraijt dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Sabtu, 25 Februari 2023.  

5 Bangunan Rusak Diterjang Banjir Bandang di Munjungan Trenggalek

Baihaki mengatakan selain PDIP yang naik, partai lain yang cenderung naik ialah Partai Golkar. Pada 3 bulan lalu, Golkar berada di peringkat ke-4, kini ada di tiga besar dengan elektabilitas 12,9% menyalip Gerindra yang memiliki elektabilitas 12,3%.

"Kejutan Golkar masuk ke tiga besar menyalip Gerindra. Karena sebelumnya berada di peringkat 4 dan setahun lalu masih di peringkat ke-5," jelasnya. 

Mobil Polisi di Tuban Dirusak Saat Bubarkan Konvoi, 10 Remaja Diamankan

Komposisi lima besar dilengkapi oleh Partai Demokrat. Elektabilitas partai berlambang Mercy di Jatim sebesar 10,7%.

Lalu faktor apa yang membuat PDIP dan Golkar bisa meningkat? Baihaki menyebut tren PDIP memang terus meningkat di Jatim, mengikuti tren di level nasional. Sementara Golkar trennya terus meningkat hingga menembus 3 besar karena gencarnya partai melakukan sosialisasi. 

Halaman Selanjutnya
img_title