Kisah Korban Selamat dari Tanah Longsor dan Pohon Tumbang

Suasana longsor di Jalan Nasional Trenggalek-Ponorogo.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Jatim – Lima orang korban selamat mengalami luka-luka, karena tanah longsor dan pohon tumbang. Salah satunya adalah  Amin Dwi (28) seorang pengemudi Mobil Grandmax bernopol AB 8967 RB.

Longsor Ancam 8 Rumah di Mojokerto, Polisi Turun Tangan Bantu Warga

Ia tidak berhenti memanjatkan rasa syukur saat ditemui awak media. Pasalnya, lolos dari maut, meski mobilnya mengalami kerusakan. Dia tak menyangka, perjalanan dari Yogyakarta menuju Jember bersama temannya (Eksa Handoko, 24) bakal terkendala akibat tertimpa musibah. Dia menceritakan bagaimana tragedi itu berlangsung sangat cepat.

"Alhamdulillah selamat meskipun mobil mengalami rusak parah. Saya mengendarai pelan-pelan, di depan mobil saya ada Mobil Ayla, Pajero, sedangkan saya belakang sendiri," ujar Amin Dwi, Senin 27 Februari 2023.

12 Rumah di Trenggalek Tertimpa Tanah Longsor

Kronologinya, sewaktu memasuki Jalan Nasional Trenggalek-Ponorogo 16,5 dirinya pelan-pelan. Tiba-tiba mendengar suara gemuruh, lalu menengok ada material seperti akan jatuh longsor.

"Saya langsung banting ke kanan. Mendapati longsor, saya berdua refleks loncat," paparnya.

Tebing Sepanjang 15 Meter di Trenggalek Longsor, Jalan Penghubung Desa Lumpuh

Kejadian tanah longsor dan disertai pohon tumbang juga mengakibatkan jalan lumpuh total. Kemacetan terjadi sejauh 4 kilometer baik dari arah Kabupaten Trenggalek maupun arah Kabupaten Ponorogo. Mendapati itu, petugas gabungan langsung membersihkan material dan mengevakuasi pohon tumbang.

Selanjutnya, menggunakan sistem buka tutup guna mengurai antrean kendaraan. Selepas proses evakuasi rampung, membutuhkan 4 jam sehingga bisa dilalui dengan normal.

Halaman Selanjutnya
img_title