Kuatkan 4 Pilar Literasi Digital, Kemenkominfo Selenggarakan Talk Show Berbisnis di Era Digital

Talk Show Makin Cakap Digital 2023
Sumber :
  • Viva.com

Jatim –Dosen Universitas Udayana Bali Made Ras Amanda menyampaikan bahwa kecakapan digital generasi muda di Indonesia hanya menjadi seorang penonton.  

Kunjungi IPST ASARI, 30 Mahasiswa dari 6 Negara Belajar Cara Kelola Sampah Jadi Bahan Bakar

Pernyataan tersebut disampaikan dalam kegiatan talkshow dengan tema "Tips dan Trik Membangun Usaha di Era Digital", Senin, 27 Feberuari 2023 

"Sehingga perlu edukasi mengenai literasi digital dengan anak muda yang berani 'action' menggunakan media digital untuk berkomunikasi hingga berjualan atau berbisnis," ujar Ras Amanda

Pecah! DBL Arena Tak Mampu Tampung Peserta Acara Desak Anies di Surabaya

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mengedukasi masyarakat agar makin cakap dan beretika dalam berbisnis di ruang digital. 

Dilaksanakan secara langsung pada acara festival bersama beberapa narasumber ahli dalam mempercepat transformasi menuju indonesia #makincakapdigital.

Puluhan Masyarakat Desa di Trenggalek Antusias Ikuti Pelatihan Literasi Digital

Ras Amanda menambahkan, lebih dari 80 persen masyarakat indonesia menggunakan WhatsApp sebagai peluang untuk membangun usaha di-era digital.

"Begitu juga media sosial lainnya indonesia tercatat menyumbang angka yang besar dalam membangun usaha di era digital," tutur Ras Amanda. 

Sementara itu Narasumber Dwi Vera TV Host/Wakil Ketua Indonesia Profesional Speaker Association menyebutkan bahwa dalam etika komunikasi dalam dunia digital khususnya bisnis, ada beberapa yang harus diperhatikan. 

"Tidak hanya bertujuan untuk menumbuhkan impresi yang baik, kesan ramah, namun juga membuat pelanggan berkeinginan untuk 'Repeat Order'," ujar Dwi Vera. 

Etika dunia digital sama halnya dengan dunia nyata, ketika berkomunikasi melalui media digital diantaranya keramahan tamahanpun wajib diperhatikan, agar pelanggan nyaman dalam berbelanja, yang bisa kita lakukan adalah mengutamakan kesantunan.

Dalam membangun usaha yang menggunakan platform digital, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti merespons dengan cepat, membuat website, percaya diri, konsisten.

"Dengan berkembang pesatnya digitalisasi saat ini, kini muncul budaya digital dengan memanfaatkan ruang digital seperti media sosial sebagai tempat strategi untuk berbisnis salah satunya para pebisnis, UMKM dan masyarakat pun kini bisa memasarkan produk secara daring, jarak jauh, efisien," imbuhnya.