Soal Reshuffle Kabinet, Wapres Ma'ruf Mengaku Belum Dapat Info dari Jokowi

Wapres Memberikan keterangan pers kepada wartawan
Sumber :
  • Viva.com

Jatim –Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin mengaku Presiden Jokowi belum menyampaikan apa pun soal rencana perombakan kabinet kepada dirinya. 

Imbas Konflik Iran-Israel, Jokowi bakal Gelar Rapat Hari Ini Bahas Geopolitik Dunia

"Presiden belum bilang sama saya bahwa akan me-'reshuffle', belum bilang, jadi saya belum tahu, ya hanya Presiden (yang tahu)," kata Wapres Ma'ruf di Istana Wakil Presiden Jakarta, Jumat, 3 Maret 2023

Diketahui, wacana Reshuffle kabinet mengemuka setelah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendapatkan izin dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mundur dari kursi Menpora dan fokus mengurus PSSI. 

Momen Gayeng Jokowi Ajak Anak Yatim Belanja Baju Lebaran di Jakarta

Ma'ruf mengatakan Presiden Jokowi memiliki kewenangan penuh untuk melakukan perombakan kabinet dan menentukan siapa-siapa yang menjadi Menterinya.  

"Sering saya katakan 'reshuffle' itu kan memang hak prerogatif Presiden, jadi Presiden apa mau me-'reshuffle' atau tidak itu ya hak beliau ya dan tentu yang tahu Presiden," tambah Wapres.

Pengiriman Bantuan Korban Gempa ke Bawean Alami Kendala, Jokowi Diminta Turun Tangan

Terkait bangku para wakil menteri yang kosong, Wapres mengatakan belum ada pembicaraan. "Mengenai wamen (wakil menteri), karena saya belum tahu memang belum tahu ya, jadi itu kita tunggu saja Presiden," ungkap Wapres. 

Setidaknya ada sembilan kursi wakil menteri yang kosong, yakni Wakil Menteri Sosial; Wakil Menteri ESDM; Wakil Menteri Investasi; Wakil Menteri PPN/Wakil Kepala Bappenas; Wakil Menpan RB, Wakil Menteri Pendidikan; Kebudayaan, Riset, dan Teknologi; Wakil Menteri Koperasi dan UKM; Wakil Menteri Perindustrian dan Wakil Menteri PUPR.

Halaman Selanjutnya
img_title