Analisis Politik Pertemuan Surya Paloh dan Prabowo, Anies Terancam?

Surya Paloh temui Prabowo Subianto di Hambalang
Sumber :
  • viva.co.id

Jatim – Pertemuan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dengan Ketua Umum Partai gerindra, Prabowo Subianto banyak menuai persepsi politis. Analis Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam menyebut bahwa fakta tersebut terbilang menarik sebab keduanya mengusung calon presiden (capres) yang berbeda. 

Gerindra Siap Menangkan 24 Pilkada di Jatim, Ini Nama-nama Calonnya

Diketahui, pertemuan itu bermula saat Surya Paloh berkunjung ke kediaman Prabowo Subianto di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 5 Maret 2023 kemarin.

Menurut Arif, fakta itu menarik untuk dicermati. Sebab, saat ini kedua pimpinan partai itu mempunyai pilihan yang berbeda untuk mengarungi Pilpres 2024. Surya Paloh memilih mengusung Anies Baswedan sebagai Capres di 2024. Sedangkan Prabowo Subianto memutuskan untuk maju sebagai Capres bersama dengan PKB untuk 2024.

Bersama Komunitas Pemuda Peduli Dhuafa, Politisi PKB Gresik Ini Ajak Warga Berbagi

"Pertemuan ini menarik di cermati di tengah NasDem yang menyatakan mengusung Anies Baswedan dalam pilpres, sementara kita tahu Prabowo merupakan bakal capres Partai Gerindra dan PKB," kata Analis Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam kepada awak media, Minggu, 5 Maret 2023.

Menurut Arif, selain membahas soal politik kebangsaan pertemuan tersebut adalah bentuk apresiasi Surya Paloh pada Prabowo Subianto. 

Waketum PKB Lepas 25 Bus Mudik Perubahan Gratis ke Sejumlah Daerah

"Kehadiran Surya Paloh bisa pula kita baca sebagai bentuk apresiasi pada Prabowo yang terus disebut oleh Presiden Jokowi," ujarnya. 

Arif mengatakan bukan tidak mungkin Surya Paloh mengalihkan dukungan di tengah isu reshuffle kabinet yang mengancam menteri yang berasal dari Nasdem. Sebab Surya Paloh terus menggelar pertemuan dengan para petinggi parpol. 

Halaman Selanjutnya
img_title