Hari TBC Sedunia 2023, Gubernur Khofifah Komitmen Dukung Program Pemerintah Pusat Soal Eliminasi TBC

Gubernur Khofifah Indar Parawansa di acara Musywil ke 13 Aisyiyah
Sumber :
  • Istimewa

JatimGubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyatakan komitmennya mendukung program pemerintah pusat untuk melakukan Eliminasi TBC 2030.

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Hal tersebut disampaikan pada, Jumat, 24 Maret 2023, saat bertepatan dengan momentum peringatan Hari Tuberkulosis (TBC) sedunia yang  diperingati setiap tanggal 24 Maret.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa komitmen tersebut disampaikan lantaran sampai sejauh ini Jatim masih menduduki posisi kedua paling atas untuk daerah dengan kasus TBC tertinggi di Indonesia. 

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

“Dari data rilis Kementerian Kesehatan RI, Jatim saat ini di posisi tertinggi kedua untuk jumlah kasus TBC di Indonesia. Jatim nomor dua setelah Jawa Barat. Total kasus TBC di Jatim yaitu 81.753 kasus,” tegasnya.

“Ini sebuah angka yang  harus kita sampaikan sebagai cambukan semangat serta kewaspadaan  untuk bersama sama kita atasi. Maka kami Pemprov  Jatim berkomitmen serius untuk program Eliminasi TBC 2030 dengan target penurunan mencapai 65/100.000 penduduk," tambah Khofifah. 

IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

Secara khusus Khofifah melanjutkan, setelah  pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini mulai melandai maka program eliminasi TBC 2030 sangat perlu dikuatkan kembali. 

"Kita, Pemprov Jatim, tidak bisa bergerak sendiri. Untuk mendukung penuh program pemerintah pusat, kita perlu kerjasama dari seluruh elemen," tegasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title