Guyub, Kelenteng Hok Swie Bio Bojonegoro Gelar Buka Puasa Bersama

Kelenteng Hok Swie Bio gelar buka puasa bersama
Sumber :
  • Viva.co.id

Jatim – Momen guyub kebersamaan antara umat beragama terlihat saat Umat Tempat Ibadah Tri Darma (TITD) atau Kelenteng Hok Swie Bio menggelar buka bersama dengan umat Islam yang tengah menjalankan ibadah Puasa Ramadan. Jumat, 24 Maret 2023 lalu.

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

Nilai toleransi semakin tampak saat sejumlah warga yang melintas di depan Kelenteng langsung dihentikan dan diajak untuk membatalkan puasa bersama-sama di tempat ibadah umat Konghucu itu di kelenteng yang berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kelurahan Karang Pacar, Bojonegoro, Jawa Timur.

Suasana guyub dan khidmat terjadi saat tiga tokoh umat beragama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) membacakan doa dari masing-masing kepercayaannya, kemudian seusai berdoa tiga agama (Islam, Kristen dan Konghucu). Bedug tanda salat magrib pun terdengar dan dilanjutkan buka puasa bersama.

Umat Islam akan Jalani 2 Kali Ramadan dalam Setahun, Kapan Itu?

Kho Tjhiang San Bidang Peribadatan TITD HOK SWIE BIO Bojonegoro mengungkapkan, kegiatan buka bersama (Bukber) ini akan digelar selama bulan puasa setiap hari Jumat. Sebenarnya kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan, namun beberapa tahun sebelumnya terkendala adanya pandemi Covid-19.

“Selama ramadan, setiap hari Jumat akan menggelar buka bersama. Ini kegiatan tahunan, namun sempat tidak melakukan karena masa pandemi, dan baru terlaksana kembali tahun ini,” jelasnya.

Pom Mini di Bojonegoro Ludes Terbakar Diduga Akibat Korsleting Listrik

Sementara itu, Ketua FKUB Bojonegoro, Kiai Tamam Syaifuddin mengatakan, ini merupakan kegiatan tahunan yang digelar oleh umat TITD Bojonegoro yakni, menyiapkan takjil untuk buka bersama bagi masyarakat di Bojonegoro. Selain itu, ini kolaborasi antara umat TITD dan FKUB Bojonegoro.

“Kebetulan kami diajak kolaborasi untuk bersama-sama menggelar kegiatan tahunan yang digelar umat TITD Bojonegoro,” ungkap Tamam saat dijumpai usai berbuka puasa.

Halaman Selanjutnya
img_title