AHY Terancam, Anas Urbaningrum Bisa Rebut Kembali Demokrat

Anas Urbaningrum
Sumber :
  • Instagram

Jatim – Pakar Politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surokim Abdussalam menyebut bahwa posisi Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY akan terancam bila Anas Urbaningrum nantinya bebas dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Jelang Pilkada 2024, Demokrat Gresik Tegaskan Tetap Solid di Koalisi KIM

Anas Urbaningrum dikabarkan akan bebas pada pekan depan setelah menjalani masa hukuman selama delapan tahun. Ia pun dinilai akan mengancam kepemimpinan AHY lantaran berpotensi merebut kembali Partai Demokrat yang pernah ia pimpin dulu.

"Jika pasukan Mas Anas kembali konsolidasi untuk merebut kembali Demokrat, ya, mungkin-mungkin saja. Tapi peluang itu tidak akan besar dan itu pun tak akan mudah dan akan menguras energi," katanya, Kamis, 6 April 2023. 

Gus Barra dapat Dukungan Demokrat Maju di Pilbup Mojokerto 2024

Peneliti senior Surabaya Survey Center itu mengatakan, bagaimana pun Anas adalah tokoh nasional dan memiliki jaringan yang luas. Dia mantan Ketua Umum Demokrat yang juga mantan Ketua Umum PB HMI. Pengaruhnya terhadap konstelasi politik nasional tentu ada menjelang kebebasan dirinya.

Pengaruh itu terutama akan dirasakan Demokrat. Ditambah kala itu turunnya Anas Urbaningrum dari jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat masih menyisakan pro dan kontra, hingga saat ini. 

Demokrat Jatim Pertahankan Kursi Pimpinan DPRD, Pengamat Ungkap Kerja Keras Emil

"Isu tentang bayang-bayang gitu (pengaruh Anas terhadap Demokrat) akan selalu mengiringi dan tak terhindarkan, apalagi turunnya Mas Anas dari demokrat, kan, masih menyisakan pro-kontra hingga sekarang," tandas Surokim.

Kendati begitu, dia menegaskan tak mudah bagi Anas untuk menguasai kembali partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono tersebut. Karena itu, Surokim berpendapat Anas dan konco-konconya lebih baik fokus pada partai baru yang sudah disiapkan agar bisa menjadi partai besar dan kompetitif.

Halaman Selanjutnya
img_title