Langkah Antisipatif Jasa Marga Hadapi Puncak Arus Mudik dan Balik

Konferensi Pers PT Jasa Marga
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim –  PT Jasa Marga memprediksi bahwa arus mudik lebaran tahun ini di Jawa Timur akan terjadi pada 19 April 2023 mendatang. Sedangkan puncak arus baliknya diprediksi terjadi pada 25 April dan 1 Mei 2023.

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Untuk itu, PT Jasa Marga menyiapkan langkah-langkah khusus guna mengantisipasi terjadi kemacetan, utamanya di sejumlah titik gerbang tol. Salah satunya dengan menyiapkan alat mobile reader guna mempercepat transaksi di beberapa titik itu.

"Kami menambah mobile reader. Jadi untuk membantu transaksi tol dengan berbagai alat edisi yang portable itu kita menambah 4 alat kemudian di Kejapanan juga sama 4 alat. Jadi harapan kami itu bisa mempercepat," kata Hari dalam keterangan yang diterima Viva Jatim, Jumat, 7 April 2023.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Selain itu, Jasa Marga juga tengah menyusun rekayasa lalu lintas saat puncak arus mudik maupun arus balik dengan melibatkan pihak kepolisian.

“Ada skenario tapi memang sedang disusun dengan pihak polisi. Tapi memang tidak seperti kemarin One Way, karena itu sebenarnya One Way itu bagus untuk yang keluar Surabaya tapi yang masuk Surabaya terganggu. Arteri juga masuk semuanya, jadi ada skenario tapi kami lagi disusun dengan pihak polisi,” jelasnya.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

PT Jasa Marga juga menyebut bahwa ada potensi penumpukan atau kepadatan pengendara di 6 titik gerbang tol di Jawa Timur selama puncak arus mudik dan balik.

Untuk arus mudik, kepadatan diprediksi terjadi di Gerbang Tol (GT) Warugunung, GT Sidoarjo 2, dan GT Kejapanan. Kemudian untuk arus baliknya yakni di GT Madiun, GT Pandaan, dan GT Singosari. 

Halaman Selanjutnya
img_title