Khofifah Ajak Tingkatkan Semangat Baca, Pahami dan Amalkan Al Qur’an

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

JatimGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri Peringatan Nuzulul Qur’an 1444H yang digelar Pemprov Jatim di Masjid Raya Islamic Centre, Jalan Raya Dukuh Kupang Surabaya, Jum’at, 7 April 2023, kemarin malam. 

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Khofifah mengajak umat Islam untuk meningkatkan bacaan, pemahaman sekaligus pengamalan Al Quran. Sehingga Al Qur’an tidak sekedar dibaca, tapi juga dipahami dan diamalkan. 

Menurutnya, hal ini sesuai saat seperti Sayyidatina Aisyah RA ditanya oleh Ayahandanya Sayyidina Abu Bakar RA tentang kesannya menjadi istri Rasulullah Muhammad SAW. Dan dijawab kana khuluquhul Qur’an yang artinya akhlaqnya Rasulullah SAW adalah Al Qur’an. 

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

"Untuk itu, bagi kita semua umat Islam supaya menjadikan referensi Al Qur’an menjadi basis dari karakter kita,” tegasnya.

Tidak hanya itu, salah satu hal yang penting adalah sangat banyak diantara umat Islam belum sempat mendapatkan pelajaran, pengajaran dan pembelajaran Al Qur’an. Yakni bagaimana cara membacanya, memahaminya dan cara mengamalkannya. Termasuk di dalamnya adalah membangun karakter dan akhlaq Al Qur’an.

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

“Ini bisa kita bangun yakni melalui majelis-majelis keilmuan yang terus dilakukan di semua lini, di semua level dan di semua kesempatan,” tukasnya.

Lebih lanjut Khofifah mengatakan, Masjid Raya Islamic Centre Provinsi Jatim ini secara umum belum sepenuhnya selesai pembangunannya. Namun, secara fisik dan fungsionalnya sudah cukup baik, seperti instalasi air, listrik dan sound system.

Halaman Selanjutnya
img_title