Uniknya Warga Sumenep, Jelang Lebaran Bukannya Mudik Malah Merantau

Terminal Arya Wiraraja, Kabupaten Sumenep
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Bukan orang Madura namanya bila tidak memiliki kebiasaan dan karakteristik yang unik. Di Kabupaten Sumenep, khususnya, terdapat satu kebiasaan yang berbeda. Bila menjelang lebaran, biasanya banyak yang mudik mengisi liburan bersama keluarga di kampung halaman, namun beberapa warga Sumenep  justru memilik sebaliknya.

Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Arteri Pantura Sudah Disiapkan, Begini Kata Korps Lalu Lintas Polri

Ya, mereka justru memilih untuk meninggalkan kampung halaman, mengadu nasib di kota-kota besar seperti Jakarta untuk menjaga toko kelontong. Pilihan merantau itu diambil lantaran lumayan banyak pemilik toko kelontong yang pulang kampung. Sehingga mereka mengganti pekerjaan itu dalam kurun waktu sesuai kesepakatan.

Seperti yang dilakukan Sumawi, salah seorang warga Sumenep yang memilih untuk merantau. Meninggalkan sanak keluarga di rumah sampai-sampai merayakan lebaran jauh dari istri dan anak.

Disperindag Lamongan Temukan Makan dan Minuman Rusak saat Sidak

Bagi mereka, justru momen menjelang lebaran menjadi kesempatan berharga untuk bekerja sebagai penjaga toko kelontong. Karena sang pemilik harus pulang kampung setelah sekian lama meninggalkan keluarganya.

"Ini saya mau ke Jakarta. Jaga warung (toko kelontong)," ujar Sumawi, salah satu warga Sumenep di Terminal Arya Wiraraja Sumenep, dalam keterangan yang diterima Viva Jatim, Minggu, 9 April 2023.

Antusiasme Warga Tulungagung Tukarkan Uang Pecahan untuk Lebaran 

Pilihan merantau menjelang lebaran bukan kali pertama dilakukan Sumawi. Tahun ini sudah kesekian kalinya merayakan lebaran di Jakarta jauh dari keluarga. Demi meraup cuan dari hasil menjaga toko milik juragan.

"Ya, nanti lebarannya di Jakarta," ujar pria asal Pulau Gili Genting ini.

Halaman Selanjutnya
img_title