Anwar Sadad di Musrenbang: Hakikat Pembangunan adalah Penguatan SDM

Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad di acara Musrenbang RKPD Jatim.
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad mengapresiasi rumusan rencana pembangunan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang bermuara pada penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), sebagaimana tertuang dalam tema di Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Jatim yang dibuka di Shangri-La Hotel Surabaya, Kamis kemarin.

DPRD Jatim Soroti Zonasi PPDB, Minta Pemerintah Kembangkan Sekolah Swasta

“Karena apa pun kemajuan bangsa ini, kemajuan dunia, tidak akan lepas dari bagaimana kita memberikan yang terbaik kepada manusia sebagai usernya,” kata Sadad dikutip Viva Jatim pada Jumat, 14 April 2023.

Ketua DPD Gerindra Jatim itu juga memuji pembangunan yang dirumuskan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didasarkan pada potensi-potensi yang ada di Jatim. Diketahui, lanjut dia, Jawa Timur adalah penopang perekonomian nasional, terutama di sektor pangan.

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

Di sektor ini, Sadad menyebut Khofifah telah berupaya keras melakukan peningkatan. “Bahkan [Gubernur Khofifah] datang ke tempat-tempat pertanian. Menurut saya itulah basis ekonomi kita dan itu suatu pilihan stragis kita,” tandasnya.

Kendati begitu, kata Sadad, ada beberapa catatan koreksi yang perlu diperhatikan oleh Khofifah pada perencanaan pembangunan Jatim 2024. “Ada juga yang mesti dikoreksi, misalnya soal kemiskinan belum kembali pulih seperti sebelum COVID-19, sehingga ada beberapa penurunan di sektor ekonomi,” ujar alumnus Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Ampel Surabaya itu.

Khofifah Puji Rektor Unair Susun Konsep Pendidikan Indonesia Maju

Namun, papar Sadad, secara keseluruhan apa yang digambarkan oleh Khofifah di Musrenbang menunjukkan optimisme yang menjanjikan bagi percepatan pemulihan ekonomi Jatim hingga normal kembali. “Dan itu ditandai dengan berbagai capaian dan juga target, serta prioritas yang mesti dijadikan isu penting,” katanya.

Sebelumnya, di Musrenbang RKPD 2024, Khofifah mengatakan ada sembilan program strategis yang selaras dengan RKP nasional. Kesembilan program tersebut ialah pendidikan berkualitas, peningkatan layanan kesehatan, percepatan penurunan kemiskinan, penurunan stunting dan penyakit lainnya, percepatan pembangunan infrastruktur, dan pelayanan dasar.