Berdayakan UMKM, Pemdes di Sumenep Beri Atensi Pendampingan

Sosialisasi dan Pendampingan UMKM
Sumber :
  • Abdul Warits/Viva Jatim

Jatim – Salah satu elemen penting yang mendukung pertumbuhan ekonomi adalah UMKM. Bidang usaha yang satu ini juga menjadi pilihan masyarakat untuk menjamin keberlangsungan hidup. Hal itu pun disadari betul oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Grujugan Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

Dengan melibatkan sejumlah pihak, Pemdes Grujugan memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM. Para pelaku usaha dibekali pengetahuan dan pengalaman berkaitan dengan pengelolaan UMKM sehingga mampu bersaing dan memiliki kualitas produk unggulan. Sabtu, 15 April 2023.

Kegiatan yang dipusatkan di balai desa setempat ini menggandeng Badan Komunikasi Nasional Desa Indonesia (BKNDI) Kabupaten Sumenep dan Pegadaian Syariah Sumenep. Mengusung tema UMKM Gapura Bangkit, Ekonomi Sumenep Melejit.

Ingin Lancar Menyusui? Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Jaga Kualitas ASI

Didik Susanto, Kepala Desa Grujugan mengapresiasi kegiatan ini karena momentum bulan Ramadhan menjadi ajang untuk meningkatkan kepedulian dengan sesama, terutama anak yatim di desanya.

"Saya ucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Sutikno, BKNDI Sumenep, atas kepedulian kepada desa kami, kepada anak anak kami dari semua hal. Juga kepada tokoh masyarakat yang telah mendukung kegiatan ini," ungkap Didik dalam pantauan Viva Jatim di lokasi. 

Curi Ikan di Laut Indonesia, KKP Tangkap Kapal Ikan Berbendera Malaysia

Sementara, Ketua BKNDI, Bapak Fauzi Arifin mengatakan organisasi BKNDI sudah melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan untuk mendampingi UMKM di desa.

"Pertama, kami sudah melaksanakan kerja sama dengan perusahaan besar untuk  mendampingi pengembangan UMKM di desa. Kedua, BKMP fokus kepada koperasi desa. Kita selalu sinergi," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title