Gempa 6,6 SR Robohkan Dinding Rumah 3 Meter di Trenggalek

Kerusakan tembok di Trenggalek akibat gempa bumi
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Gempa yang terjadi kemarin, Jum'at 14 April 2023 pada pukul 16.55 WIB menyebabkan satu dinding rumah setinggi 3 meter roboh. Kejadian tersebut terjadi di RT 13 RW 03 Desa Panggul Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek.

12 Rumah di Trenggalek Tertimpa Tanah Longsor

Kepala Pelaksana BPBD Trenggalek, Stefanus Triadi Atmono menerangkan, gempa bumi yang berpusat di laut pada jarak 65 Km arah Barat Laut Kota Tuban, Jawa Timur dengan kedalaman 643 KM turut berdampak hingga Kabupaten Trenggalek. Di RT 13 RW 03 Desa Panggul Kecamatan Panggul menunjukkan dengan Skala IV MMI.

"Akibat gempa itu, adal salah satu rumah milik Mbah Isminah yang kondisi tembok kamar telah retak karena bangunan sudah lama, roboh dengan tinggi 3 meter lebar 3,5 meter," ungkap Stefanus Triadi Atmono dalam keterangan resmi diterima Viva Jatim, Sabtu 15 April 2023.

8 Kecamatan Terdampak Luapan Banjir Akibat Hujan Deras di Trenggalek

Perihal korban luka akibat gempa, Triadi mengungkapkan tidak ada. Akan tetapi material yang rusak berupa tembok rumah. Diprakirakan kerugian senilai Rp 5 juta yang menimpa Ibu Isminah. Tembok yang roboh adalah amar samping rumah yang dihuni satu KK 2 jiwa.

Lalu, untuk tindakan yang dilakukan BPBD Trenggalek tadi malam yaitu mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP). Selain itu mengimbau kepada korban supaya lebih berhati-hati selama di rumah dengan kondisi yang demikian.

Dua Kali Mangkir, Kades di Mojokerto Ditangkap Polisi Gegera Korupsi DD Rp360 Juta

"Kami mengimbau kepada keluarga Mbah Isminah agar tetap waspada. Lantaran tembok sudah rapuh. Kami juga mendata kerugian akibat bencana," ulasnya.

Sebagai informasi, Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,6. Kemudian episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,31° LS ; 111,96° BT.

Halaman Selanjutnya
img_title