Tips dan Solusi saat Saldo e-Toll Habis di Tengah Perjalanan Mudik Lebaran

ilustrasi macet saat masuk jalan tol
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimMudik lebaran tahun ini bakal diprediksi membludak. Pemerintah telah melakukan beberapa persiapan. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan jumlah pemudik pada mudik Lebaran 2023 mencapai 123,8 juta orang. Angka itu naik dari 85,5 juta orang dibanding mudik Lebaran 2022. 

Tak Perlu Panik, Dinkes Surabaya Bagikan Tips Hindari Penyakit Flu Singapura

Namun, bagaimana jika dalam perjalanan anda selama mudik lebaran mendapatkan Kendal berupa Saldo e-Toll yang habis saat memasuki jalan tol. Tentu ini seringkali menjadi kendala dalam perjalanan mudik lebaran anda. 

Untuk Anda yang berencana mudik menggunakan mobil pribadi, disarankan untuk lebih dulu mengetahui informasi mengenai daftar jalan tol. Ini diperlukan agar Anda dapat mengantisipasi saldo di kartu elektronik atau e-Toll cukup.

Diskon Tarif Tol di 3 Lokasi Mulai Hari Ini, Ada Jalur Jombang-Mojokerto

Umumnya, saat melakukan perjalanan mudik yang diikuti jutaan orang tersebut, ada saja kendala yang dihadapkan, salah satunya adalah saldo e-Toll tidak cukup atau habis saat ingin melakukan tapping pembayaran di gerbang tol. 

Melansir lamanan Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) Senin 17 April 2023. Terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi kendala tersebut.

Kapolri: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Malam Ini

Pertama, Anda dapat menekan tombol bantuan yang terletak di gardu tempat pembayaran, berdekatan dengan tombol Cetak Struk. Dengan menekan tombol bantuan tersebut, petugas akan datang membantu.

Lebih lanjut, Anda dapat langsung meminta bantuan petugas di sekitar gerbang tol dan menjelaskan kepada petugas bahwa saldo e-Toll tidak mencukupi, lalu ikuti arahan petugas tersebut. Mungkin kartu akan diisi ulang secara langsung atau juga diminta membayar secara tunai. Kemudian, Anda dapat melakukan Top up saldo e-Toll dengan aplikasi mobile banking di ponsel sesuai bank provider pada e-Toll yang digunakan.

Halaman Selanjutnya
img_title