Hannover Messe 2023, Industri Otomotif Indonesia Pamer Teknologi Canggih

Joko Widodo dan Olaf Scholz meresmikan Paviliun Indonesia
Sumber :
  • viva.co.id

Jatim – Kehadiran teknologi dalam dunia industri tak dapat dipungkiri lagi. Peranannya dalam bidang produksi sangat membantu dan menambah efisiensi waktu dan tenaga pengerjaan. Termasuk dalam bidang industri otomotif dimana peran teknologi sangatlah vital.

Ngabuburit Sembari Melihat Keunikan Mobil Tua Jerman di Area SLG Kediri

Kehadiran teknologi industri sangat membantu mendorong perekonomian di Indonesia. Dengan teknologi, sejumlah perusahaan otomotif di Indonesia terus berinovasi dan bertransformasi meningkatkan daya sainig produk-produk di pasar global.

Salah satu kemajuan terbesar dalam industri otomotif Indonesia adalah penerapan teknologi Industri 4.0. Penerapan teknologi ini terbukti dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi, sehingga dapat mengakselerasi daya saing industri serta berujung pada mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Terungkap! Alasan Adolf Hitler Sangat Benci Yahudi hingga Bunuh 6 Juta Orang

Banyak perusahaan otomotif di Indonesia yang telah menerapkan teknologi ini dalam proses produksi mereka. Contohnya, PT Akebono Brake Astra Indonesia merupakan salah satu perusahaan otomotif nasional yang telah menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam proses quality inspection pembuatan rem kendaraan bermotor roda empat.

Mesin AI yang digunakan dapat memeriksa kualitas produk dengan lebih cepat dan efisien, meminimalkan kesalahan manusia serta meningkatkan keakuratan.

Jalani Pemusatan Latihan di Jerman, Timnas Indonesia U 17 Diminta Jujur terkait Kondisi Fisik

Teknologi itu juga bisa memprediksi potensi keretakan yang mungkin terjadi, agar tim inspeksi dapat melakukan tindakan pencegahan sebelum produk tersebut dipasarkan.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier mengatakan bahwa penerapan industri 4.0 pada sektor industri manufaktur terbukti dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Halaman Selanjutnya
img_title