Umumkan Ganjar Capres di Momen Lebaran, Megawati Dinilai Cerdik

Pengamat dari Surabaya Consulting Group, Aprizaldi.
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) saat momen Lebaran dinilai sebagai langkah cerdas dan cerdik. Nama Ganjar akan menjadi topik utama obrolan masyarakat di tengah-tengah semaraknya momentum Lebaran.

Konsumsi Listrik di Jatim Naik 3,30 Persen, Begini Cara Hemat Energi

Pengamat dari Surabaya Consulting Group, Aprizaldi, mengatakan, ada tiga aspek yang menjadikan pengumuman Ganjar capres sebagai momentum yang luar biasa. Pertama, kata dia, saat ini musim mudik Lebaran. Kementerian Perhubungan memprediksi selama masa libur Lebaran, pergerakan masyarakat mencapai 123,8 juta orang.

“Jutaan orang penuh kegembiraan kembali ke kampung halaman. Pengumuman Mas Ganjar capres akan menjadi pembicaraan positif penuh antusias di kampung-kampung, di desa-desa, di warung-warung kuliner legendaris, di destinasi wisata, dalam suasana silaturahim penuh keakraban dan kegembiraan,” kata Aprizaldi pada Jumat, 21 April 2023.

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

Dari sisi komunikasi politik, lanjut Aprizaldi, Megawati menunjukkan kematangannya dalam membaca fenomena masyarakat. “Ini seperti membawa Ganjar Pranowo dalam perbincangan masif selama musim mudik. Artinya, pemudik menjadi semacam jurkam. Luar biasa strategi Bu Mega,” ujar Aldi, sapaan akrab aktivis 1998 asal Surabaya tersebut.

Aspek kedua, papar Aldi, adalah “element of surprise”. Dalam momentum politik, diperlukan elemen kejutan. Pengumuman Ganjar sebagai capres memiliki daya kejut yang luar biasa, termasuk mengejutkan partai lain.

Partai Nasdem Restui Anies Baswedan Maju di Pilkada DKI 2024, PKB Respon Begini!

“Mengapa mengejutkan? Karena pas momen mudik Lebaran. Ini memenuhi syarat ‘element of surprise’ dalam sebuah momentum politik,” ujar Aldi.

Aldi menambahkan, aspek ketiga tentu saja kecermatan Megawati dalam membaca kehendak rakyat. Ganjar menjadi simbol harapan rakyat. Menurut Aldi, Ganjar juga menjadi bagian dari imajinasi rakyat tentang pemimpin pro wong cilik sebagaimana Presiden Joko Widodo.

Halaman Selanjutnya
img_title