Waspada Arus Balik, Ada 1457 Kecelakaan selama Mudik Lebaran

Kondisi lalu lintas di salah satu gerbang tol di Jawa Timur
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Selama arus mudik lebaran 2023, Polisi Republik Indonesia (Polri) mencatat ada 1.457 kecelakaan yang terjadi. Hal itu terhitung sejak tanggal 18 sampai 23 April 2023 kemarin. Untuk itu, para pengendara perlu mewaspadai dan berhati-hati menghadapi arus balik.

2 Perempuan Pengendara Scoopy di Surabaya Terpeleset Tertabrak Mobilio hingga Tewas di TKP

Kendati demikian, Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan menyebut bahwa angka kecelakaan arus mudik tahun ini relatif lebih kecil dibanding tahun sebelumnya.

"Rekapitulasi total H-1 sampai H-6 tahun 2023 ada 1.457. Tahun 2022 ada 1.789," ujar Aan Suhanan dikutip dari VIVA, Selasa, 25 April 2023.

Perempuan Asal Probolinggo Tewas Disambar Kereta Api di Surabaya

Aan mengatakan, dari seluruh kecelakaan yang terjadi di berbagai wilayah di tanah air, korban tewas diketahui sebanyak 189 orang. Kemudian 186 korban luka berat, dan 2.013 korban luka ringan.

Sebanyak 21 kecelakaan diketahui terjadi di dalam Tol, dan 1.436 kecelakaan lainnya terjadi di jalan non tol atau jalan arteri. Sebagian besar kecelakaan yang yang terjadi menggunakan kendaraan sepeda motor.

Pemotor di Mojokerto Tewas Tertabrak Truk Saat Hendak Belok di Jalan Menikung

"Sepeda motor roda dua 73 persen, mobil penumpang 3 persen, bus 12 persen, angkutan barang 7 persen, dan lainnya 5 persen," ujarnya.

Aan mengatakan, beberapa penyebab kendaraan mengalami kecelakaan yakni rem yang blong, kemudi kurang baik, lampu kendaraan tidak berfungsi, ada kerusakan roda, serta rusaknya sistem kelistrikan kendaraan.

Halaman Selanjutnya
img_title