Cuti Bersama Usai, Arus Balik Mudik dari Sumatera ke Jawa Makin Meningkat

Pelabuhan Bakauheni
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimPT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melaporkan bahwa satu atau dua hari setelah Lebaran 2023, trafik penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, terpantau ramai lancar dan cenderung terus meningkat.

Libur Lebaran, Kemenkes Imbau Masyarakat Tetap Waspada Penyakit DBD dan HFMD

Hal ini dikarenakan cuti bersama sesuai penetapan pemerintah sudah berakhir Selasa, 25 April 2023 dan sebagian masyarakat akan mulai masuk kerja sejak besok, Rabu, 26 April 2023. 

Sebagaimana yang disampaikan oleh Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin. Ia mengatakan jika tren pergerakan penumpang yang akan kembali menuju Pulau Jawa terus meningkat.

Mas Dhito Ajak Pemudik Patuhi Lalu Lintas dan Jaga Kesehatan

"Karena sebagian masyarakat sudah mulai kembali masuk kerja pada Rabu, 26 April 2023, sekaligus berakhirnya cuti bersama sesuai penetapan Pemerintah yang berlaku 19-25 April 2023," kata Shelvy dalam keterangannya, Selasa, 25 April 2023.

Sebagai informasi, puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada Rabu (19/4) atau H-3 dan Kamis (20/4) atau H-2. Sementara puncak arus balik pertama yakni pada Senin (24/4) atau H+1 dan Selasa (25/4) atau H+2, dan puncak arus balik kedua pada Minggu (30/4) atau H+7 dan Senin (1/5) atau H+8 yang bertepatan dengan libur Hari Buruh.

Pj Gubernur Adhy Pantau Arus Mudik di Ngawi, Sebut Angka Kecelakaan di Jatim Menurun

ASDP sendiri telah mengantisipasi arus balik Lebaran, di mana puncak arus diperkirakan terjadi dua kali. Puncak arus balik pertama yakni pada Senin (24/4) atau H+1 dan Selasa (25/4) atau H+2. Sementara puncak arus balik kedua adalah pada Minggu (30/4) at

Selain itu, lanjut Shelvy, ASDP juga mengapresiasi pengguna jasa yang melakukan perjalanan mudik lebih awal, dan telah bertiket ketika tiba di Pelabuhan. Dia berharap masyarakat dapat segera melakukan reservasi tiket dan mengatur perjalanan balik lebih awal, untuk menghindari antrean. 

Halaman Selanjutnya
img_title