Jurus Vital Wali Kota Eri Atasi Banjir di Jalan Mayjend Sungkono

Penanganan darurat di lokasi banjir Jalan Mayjend Sungkono
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Baru-baru ini banjir menggenangi kawasan Jalan Mayjend Sungkono, Surabaya pada Jumat, 28 April 2023. Sejurus kemudian, Wali Kora Surabaya, Eri Cahyadi mengambil keputusan cepat untuk menyikapinya agar tak mengganggu mobilitas banyak pihak.

Dihantam Ombak, Penambang Pasir di Bojonegoro Hilang Tenggelam

Ia pun meminta maaf kepada warga atas kejadian banjir yang menimpa mereka. Kendati demikian pihaknya bertekad mengambil keputusan dengan cepat untuk menanganinya meski dihadapkan dengan opsi-opsi lain yang tidak mudah.

"Mohon maaf kepada warga Surabaya atas banjir yang menggenangi kawasan Mayjend Sungkono. Tadi kami harus mengambil keputusan dengan cepat di antara opsi-opsi yang tidak mudah," kata Wali Kota Eri Cahyadi, dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, 30 April 2023.

Sosok Kartini Jadi Inspirasi Kris Dayanti sebagai Anggota DPR Sekaligus IRT

Sejumlah opsi tersebut lantas dijelaskan Wali Kota Eri Cahyadi. Pertama, air menggenangi jalanan di kawasan Mayjend Sungkono. Sedangkan opsi kedua, air menerjang permukiman warga secara lebih parah. 

"Karena itu, saya mohon maaf harus mengambil keputusan mengalirkan air ke jalanan daripada ke rumah warga," ujarnya.

Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru, 3 Orang Tewas

Ia mengungkapkan, karena curah hujan yang tinggi, pelapis tanggul sungai di kawasan Kembang Kuning jebol sekitar 20 meter. Karenanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya langsung bergerak cepat dengan mengerahkan 40 personil satgas dinas terkait untuk melakukan penanganan darurat di lokasi.

"Nah, ketika perbaikan itu dilakukan, sejumlah aliran pintu air ditutup. Kalau tidak ditutup, tembok tanggul yang jebol bisa semakin meluas dan malah membuat permukiman warga terimbas lebih parah," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title