May Day 2023, Polri Siap Kawal Massa Buruh: Harus Tertib

Hari Buruh Internasional atau Mau Day.
Sumber :
  • Istimewa

JatimHari Buruh Internasional atau Mau Day yang diperingati setiap tahun kerap diwarnai dengan aksi demontrasi. Di Indonesia sendiri, sebagai negara demokrasi, penyampaian aspirasi secara terbuka itu sudah lumrah dilakukan. 

Penetapan Pemenang Pilpres 2024, 4 Ribu Lebih Personel Disiagakan

Pada peringatan May Day 2023 ini, yang jatuh pada hari ini, Senin, 1 Mei 2023, massa buruh juga diperkirakan akan mendatangi Istana Negara, Gedung MPR/DPR RI, Lapangan Panahan Senayan dan GOR Rawa Badak Jakarta Utara. 

Karena itu, pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah melakukan sejumlah persiapan untuk mengawal dan mengamankan massa buruh. Ribuan personel akan dikerahkan agar tidak sampai terjadi hal-hal tak diinginkan.

Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi soal Penggelapan Motor

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho mengatakan, terdapat 4 wilayah yang menjadi konsentrasi pengamanan dalam peringatan May Day, yakni di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, dan Polda Jawa Timur.

Untuk wilayah Polda Metro Jaya, sebanyak 4.216 personel gabungan dikerahkan mengamankan May Day. Rinciannya 3.318 dari Polri, 690 personel dari TNI dan 208 personel dari Pemprov DKI Jakarta.

4 Tahun Cabuli Anak Tiri, Oknum Polisi di Surabaya Ditahan

"Adapun 4 titik yang menjadi konsentrasi massa buruh yakni di Istana Negara, Gedung MPR/DPR RI, Lapangan Panahan Senayan dan GOR Rawa Badak Jakarta Utara," ujar Sandi dalam keterangan tertulisnya, Minggu 30 April 2023, dikutip dari VIVA

Adapun penerapan rekayasa lalu lintas juga bakal diterapkan di beberapa titik yang menjadi pusat massa buruh berunjuk rasa. Rekayasa dan pengalihan arus akan bersifat situasional.

Halaman Selanjutnya
img_title