Ribuan Buruh Beraksi di Surabaya, Arus Lalu Lintas Merambat

Arus lalu lintas padat akibat aksi buruh di Kota Surabaya.
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Jatim – Ribuan buruh melakukan aksi demonstrasi dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day di Kota Surabaya, Senin, 1 Mei 2023. Para buruh gabungan dari pekerja di Surabaya dan beberapa kabupaten/kota sekitarnya. Akibatnya, arus lalu lintas di Kota Pahlawan tersendat.

Anak Anggota DPRD Surabaya Dipolisikan, Diduga Lakukan Penganiayaan

Para buruh mulai memasuki Kota Surabaya sejak sekira pukul 10.00 WIB. Hingga sekarang, sebagian rombongan buruh masih berdatangan dari luar daerah. Para buruh berombongan ke Kota Surabaya dengan kendaraan sepeda motor atau kendaraan terbuka. Kebanyakan masuk melalui Bundaran Waru.

Aksi ribuan buruh tersebut membuat arus lalu lintas menuju Kota Surabaya tersendat. Pengamatan Viva Jatim di sekitar Bundaran Waru, kepadatan arus lalu lintas sudah mulai terasa di Waru, Kabupaten Sidoarjo. Kendaraan terus merambat ketika memasuki Surabaya, tepatnya di depan mal CITO menuju Jalan A Yani.

Satlantas Polres Lamongan Klaim Angka Kecelakaan Minim di Jalur Mudik Lebaran

Hingga berita ini selesai ditulis, belum diberlakukan penyekatan di pintu masuk menuju Surabaya. Pengalihan arus lalu lintas dari Sidoarjo ke arah Medaeng lalu ke jalan Masjid Al Akbar Surabaya juga belum diterapkan. Hanya sebagian pengendara yang melewati jalur alternatif itu untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas.

Bagi para pengendara tujuan Surabaya, sebaiknya hindari Jalan Raya Darmo, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Embong Malang, Jalan Blauran, Jalan Bubutan, Jalan Kebon Rojo, hingga Jalan Pahlawan. Sebab, itu merupakan rute para buruh menuju titik pusat aksi di depan Kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan.

Tahanan Polsek Dukuh Pakis Surabaya Kabur, 4 Polisi Diperiksa Propam

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya Ajun Komisaris Besar Polisi Arif Fazlurrahman mengatakan, kepolisian mengerahkan total 3.200 personel untuk mengamankan jalannya aksi buruh. “111 personel di antaranya dari Satuan Lalu Lintas,” katanya kepada wartawan. 

Soal rekayasa lalu lintas, Arif mengatakan pihaknya tetap membuka akses masuk ke Kota Surabaya di Jalan A Yani. Namun, jalur tersebut dibagi dua: frontage road khusus buat rombongan buruh, sementara jalur utama dikhususkan kepada para pengendara umum. “Kami pisah antara pengendara dengan massa buruh,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title