Bendera Indonesia Terbalik di Opening SEA Games, Kamboja Minta Maaf

Pembukaan SEA Games 2023 di Kamboja
Sumber :
  • viva.co.id

Jatim – Opening Ceremony SEA Games 2023 di Kamboja diwarnai dengan aksi tak mengenakkan. Pasalnya, bendera Indonesia terpasang dengan posisi putih di atas dan merah di bawah, alias terbalik. Pemandangan ini pun sontak menjadi sorotan publik.

Momen Sepatu Paskibraka Lepas di Upacara HUT RI Istana Merdeka

Diketahui, pembukaan SEA Games 2023 berlangsung di Morodoko Techo National Stadium, Phnom Penh, Jumat, 6 Mei 2023. Kontingen dari negara-negara Asia Tenggara juga turut memeriahkan momen pembukaan ajang dua tahunan tersebut.

Sebagai tuan rumah, Kamboja memasang bendera merah putih, kebanggaan Indonesia dengan posisi terbalik. Terlepas dari unsur kesengajaan atau tidak, fakta itu setidaknya telah menodai gelaran akbar SEA Games 2023.

Gubernur Khofifah Minta Anggota Paskibraka Jaga NKRI dan Kebhinnekaan

Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal NOC Indonesia, Harry Warganegara mengatakan tuan rumah telah menyampaikan permintaan maaf kepada Indonesia atas kejadian bendera Merah Putih yang terbalik.

Mereka juga bertindak cepat dan memastikan kejadian serupa tidak terulang pada upacara pembukaan SEA Games 2023.

Saat Warga di Tulungagung Dapatkan Bendera dari PWI Jelang HUT RI

“Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony,” ujar Harry, dikutip dari VIVA, Sabtu, 6 Mei 2023.

NOC Indonesia mengirimkan keberatan secara resmi melalui surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei yang ditandatangani Harry Warganegara kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun.

Halaman Selanjutnya
img_title