Jadi Kuda Hitam, Bupati Fauzi Masuk 3 Besar Cagub Jatim Versi ARCI

ARCI
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Jatim – Accurate Research & Consulting Indonesia (ARCI) mengeluarkan hasil survei terbaru terkait kandidat potensial untuk mengisi posisi kursi Gubernur Jawa Timur. Bupati Sumenep, Achmad Fauzi masuk tiga besar bersanding dengan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak.

Emil Sebut Rangkaian Pilpres 2024 Final Usai MK Bacakan Putusan

Hasil survei ARCI, posisi tiga besar ditempati oleh Khofifah (27,9 persen), Emil (15,3 persen), termasuk Achmad Fauzi dengan elektabilitas mencapai 7,5 persen.

Menurut keterangan dari Direktur Eksekutif ARCI Baihaki Sirajt bahwa nama Achmad Fauzi selalu muncul dalam simulasi calon gubernur Jawa Timur, baik itu top of mind, simulasi lima nama, atau simulasi Sembilan nama. 

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

“Ketika ada pertanyaan kalau pemilihan (gubernur Jawa Timur) dilakukan sekarang, siapa yang bapak/ibu pilih, selalu ada nama Ibu Khofifah, Pak Emil dan Achmad Fauzi Wongsojudo,” kata Baihaki saat memaparkan hasil survei, Rabu 10 Mei 2023. 

Menurut Baihaki, temuan tersebut akan menjadikan pertarungan menuju kursi Jatim satu akan berkutat pada tiga nama tadi. Yang menarik, Baihaki melanjutkan, Achmad Fauzi yang merupakan representasi masyarakat Madura itu merupakan ‘kuda hitam’ dalam gelaran kontestasi Jatim. 

IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

“Sebelumnya, kita belum mengetahui ada nama Achmad Fauzi. Tapi belakangan, seiring munculnya isu reaktivasi kereta Madura, nama Fauzi masuk sebagai kuda hitam di Pilkada Jawa Timur,” ungkap Baihaki. 

Selain kereta, dalam temuan ARCI, masuknya nama Fauzi sebagai ‘kuda hitam’ juga dilatari alasan lain, seperti keberhasilan tokoh muda Madura itu mengurangi angka pengangguran terbuka, termasuk pencapaian menurunkan angka kemiskinan. 

Halaman Selanjutnya
img_title