Momentum Gubernur Khofifah Diajak Keliling Melihat Desain Arsitektur Masjid Raya Al Jabbar

Gubernur Khofifah Keliling Melihat Desain Arsitektur Masjid Al Jabbar
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

JatimGubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menghadiri Halal bi Halal dan Peringatan Hari Lahir ke 77 Muslimat NU yang diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah (PW) Muslimat NU Jawa Barat, Sabtu, 13 Mei di Masjid Al Jabbar

Bangun Poros Baru, PKB Siapkan Sosok Tandingan Khofifah-Emil

Berdasarkan Rilis yang diterima Viva Jatim, diketahui, kegiatan ini juga dihadiri  oleh Ketua PW Muslimat NU Jabar Dr. Hj. R. Ella M. Girikomala, M.M.Pd, Mustasyar PW NU Jabar KH Man Muhammad Iskandar, Wakil Ketua PW NU Jabar KH. Kurtubi Abdullah, Ketua Bawaslu Jabar Ahmad Wasikin, dan jajaran OPD Pemprov Jatim dan Jabar, ribuan anggota Muslimat NU dari 27 PC Kabupaten atau kota se Jawa Barat. 

Usai memberikan sambutan, Gubernur Khofifah juga sempat diajak Ridwan Kamil berkeliling Masjid Al Jabbar. Gubernur Ridwan Kamil menjelaskan bahwa Masjid Al Jabbar berkapasitas 35.000 orang. Terdapat 27 pintu masuk yang mencerminkan jumlah kabupaten/kota di Jawa Barat. Menariknya setiap pintu dihiasi dengan ukiran batik khas masing-masing kabupaten/kota. 

Pj Gubernur Jatim di HUT ke-24 APKASI: Forum Kuat Berikan Masukan ke Pemerintah

"Berikutnya ada empat tiang di luar menandakan semangat dari sifat-sifat pemimpin yakni Sidiq, Amanah, Tabligh, Fathonah direpresentasikan dengan 4 menara di luar masjid. Dan masjid ini berada diatas air danau pengendali banjir di wilayah Bandung Timur ini dan Insyaallah inilah salah satu komitmen keislaman saya sebagai gubernur Jawa Barat," kata Ridwan Kamil.

Gubernur Khofifah bersama Gubernur  Ridwan Kamil juga sempat berkeliling Galeri Rasulullah. Di dalamnya terdapat beragam diorama yang disusun berdasarkan sejarah hidup Rasulullah. 

Ketua Golkar Jatim Sentil Khofifah Ihwal Angka Kemiskinan yang Tinggi

Selama kurang lebih 30 menit berkeliling, Gubernur Khofifah merasa kagum dengan konsep galeri tersebut. Tidak hanya value sejarahnya semata namun juga penggunaan teknologi pendukung seperti Augmented Reality, Sensor Gerak, dan lain sebagai dalam mendukung pengalaman pengunjung. 

Gubernur Ridwan Kamil memang kerap menyumbangkan ide-ide desain arsitektur masjid karyanya. Salah satu karya desain arsitekturnya ialah Masjid Raya Islamic Centre Jawa Timur yang berada di Jalan Raya Dukuh Kupang No.122-124, Sawahan, Dukuh Pakis, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Halaman Selanjutnya
img_title