Penemuan Arca Durga di Trenggalek, Tak Mempan Dihantam Palu 5 Kg

Lokasi penemuan Arca Durga di Kemulan Trenggalek
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Benda bersejarah, Arca Durga Mahisasuramardhini ditemukan di rumah seorang kakek di RT 23 RW 24 Sendang Kamulan Desa Kamulan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek

Pasokan PMI Minipis, Kapolres Mojokerto Perintahkan Personel Donor Darah

Dikira batu, pekerja menghantamnya dengan palu seberat 5 Kg. Namun sayangnya tidak mempan dan arca pun tak pecah ataupun retak.

Adalah Slamet Riyadi, kakek 77 tahun yang rumahnya hanya 100 meter dari selatan pusat Pemdes Kamulan. Penemuan terjadi saat pekerja sedang menggali pondasi, menemukan di kedalaman 1 meter disamping rumah Slamet.

5 Bangunan Rusak Diterjang Banjir Bandang di Munjungan Trenggalek

"Oleh teman saya yang kerja itu palu 5 kg tidak apa-apa selama 3 kali. Jangan-jangan nanti pecah, lalu saya stop," ungkap Slamet Riyadi kepada Viva Jatim, Selasa 16 Mei 2023.

Kronologi kejadian, Slamet mengungkapkan terjadi pada hari Rabu, 10 Mei 2023 silam. Ia memperkerjakan orang untuk ikut membongkar pondasi di selatan rumahnya. Setelah memperoleh kedalaman 1 meter, mendapati sebuah batu.

Mobil Polisi di Tuban Dirusak Saat Bubarkan Konvoi, 10 Remaja Diamankan

Slamet mengaku, pekerja langsung menghantam batu yang menghalangi dengan palu seberat 5 KG. Selepas tidak ada perubahan, Slamet menghentikan proses menghantam dengan palu.

"Setelah tahu kalau arca, saya naikkan dan bersihkan. Lalu, saya lapor Pak Lurah, langsung ke sini dilihat kemudian diteruskan ke Trenggalek," bebernya.

Halaman Selanjutnya
img_title