Ratusan Calon Jamaah Haji Bangkalan Tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya

Jamaah calon haji di Asrama Haji Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jamaah Calon Haji (JCH) kloter pertama asal Kabupaten Bangkalan, tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, pada pukul 09.00 WIB, Selasa 23 Mei 2023. Sesaat setelah satu persatu turun dari bus, jamaah sebanyak 445 itu langsung berkumpul ke Hall Mina untuk mendapatkan pembekalan.

Kemenag Ungkap 1.200 Pesantren di Jawa Timur Belum Kantongi Izin Operasional

Di dalam hall, petugas memberikan tempat duduk khusus pada barisan pertama bagi para jamaah dengan status resiko tinggi (risti), seperti kelompok lanjut usia (lansia), dan penderita penyakit tertentu.

Salah satu jamaah berstatus resti adalah Siti Holifah (60). Penyakit stroke ia alami tidak menyurutkan niatnya untuk melaksanakan rukun islam yang kelima ini.

Ada 3 Kasus Kekerasan Santri di Jatim di Awal Tahun 2024

"Ya mudah mudahan dapat melaksanakan haji dengan sempurna," katanya singkat.

Untuk itu, dia akan melaksanakan seluruh instruksi petugas kesehatan dengan menjaga kesehatan, yakni secara rutin dan teratur mengkonsumsi obat yang diberikan. "Ya persiapkan kesehatan (jaga kesehatan, red), sudah dikasih obat," imbuhnya.

Kemenag soal Santri di Kediri Tewas Dianiaya: Pesantren Itu Belum Miliki Izin

Sementara itu, petugas kesehatan kloter pertama asal Kabupaten Bangkalan, Iik Sriyanto mengakui, jika para petugas telah diberikan pembekalan khusus bagaimana bisa mendampingi lansia ini.

"Kendala ada, bagaimana masing masing lansia dengan berbagai permasalahannya, ya dengan ijin Allah, semuanya InsyaAllah dilancarkan," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title