Mengenal Gelang Identitas Jemaah Haji yang Anti Bakar, Jangan Dilepas!

Gelang Identitas Jemaah Haji Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Salah satu upaya meminimalisir kejadian tak diinginkan selama pelaksanaan ibadah haji, pemerintah menyiapkan gelang identitas untuk para jemaah. Gelang identitas ditujukan untuk memudahkan panitia mengidentifikasi jemaah yang tersesat atau kecelakaan.

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

Hal ini ditegaskan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Subhan Cholid. Ia juga meminta kepada para jemaah haji untuk tidak sekali-kali melepas gelang identitas tersebut. Sebab keberadaanya sangat penting untuk keamanan.

"Gelang, ini gelang identitas jemaah gelang anti bakar, sebagai pengaman satu satunya identitas jemaah yang bisa bertahan dengan situasi apapun," kata Subhan, dilansir dari VIVA, Kamis, 25 Mei 2023.

Info Haji 2024, Kemenag Ubah Penempatan Jemaah dari Mina Jadid ke Muaishim

Dalam gelang identitas ini berisi sejumlah keterangan jemaah, diantaranya, nama, nomor paspor, embarkasi, asal negara, serta nomor maktab yang menunjukkan lokasi pemondokan jemaah selama beribadah haji.

Cholid lantas mengingatkan peristiwa Mina tahun 2015 silam. Dimana banyak korban jiwa yang ditemukan baik dalam keadaan masih hidup maupun meninggal. Salah satunya karena dibantu oleh gelang identitas tersebut.

Layanan Kemudahaan Keimigrasian Calon Jemaah Haji Bakal Hadir di Solo dan Surabaya

"Pernah juga kejadian jemaah ditemukan di Uhud, sulit dikenali fisiknya sehingga terdekadetksi (dengan gelang). Jadi jaga gelang ini tidak boleh ditukar tukar dan harus digunakan," kata Subhan.

Subhan menegaskan selama jemaah beribadah haji akan lebih baik paspor disimpan dalam tas. Sebab segala keterangan para jemaah haji sudah tercatat di gelang identitas tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title