Siang Ini, Ribuan Warga di Sumenep bakal Gelar Istigasah Tolak Reklamasi Laut

Warga Dusun Tapakerbau, Desa Gersik Putih, Gapura, Sumenep.
Sumber :
  • Ibnu Abbas/Viva Jatim

Jatim – Polemik reklamasi laut yang melibatkan warga Dusun Tapakerbau Desa Gresik Putih, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur dengan pemerintah desa setempat masih terus berlanjut. Berbagai upaya penolakan pun juga terus dilakukan demi mempertahankan lingkungan.

15 Orang Pembuat Petasan di Sumenep Diringkus Kepolisian, Terancam 20 Tahun Penjara

Setelah sebelumnya menggelar doa bersama dan aksi demonstrasi di Kantor BPN dan Pemkab Sumenep, kini warga bersama para kiai dan tokoh masyarakat akan kembali menggelar istigasah kubra, siang ini, Sabtu, 27 Mei 2023, di Masjid Zainal Abidin, Dusun Tapakerbau.

Pasalnya, warga Dusun Tapakerbau menolak reklamasi laut karena kawasan tersebut merupakan tempat mata pencaharian mereka. Ragam jenis biota laut akan terancam punah bila sampai pembangunan tambak garam dilanjutkan. Selain itu pula, lahan yang telah ber-SHM itu dinilai telah melanggar peraturan perundang-undangan.

Bagikan Voucher Takjil Gratis, PWRI Sumenep Dukung Bupati Fauzi Hidupkan Pelaku UMKM saat Ramadan

Namun, upaya penolakan yang dilakukan warga rupanya tak diindahkan oleh Pemerintah Desa Gersik Putih. Justru, sedari awal pihak Pemdes memfasilitasi penggarap dengan alasan berpegang teguh pada SHM yang telah dikantongi. Selama tiga bulan terakhir ini, konflik pun kian memanas.

Salah seorang Warga Dusun Tapakerbau yang juga penanggung jawab kegiatan, Ahmad Siddiq mengatakan bahwa istigasah kubra digelar sebagai salah satu ikhtiar menyelamatkan laut agar tidak dirusak. Selain itu juga menjaga hubungan persaudaraan agar tak dirusak oleh kepentingan-kepentingan pragmatis.

Patut Ditiru, Program CSR Perusahaan Properti Ini Berupa Perbaikan Jalan di Sumenep

”Doa bersama atau istigasah ini merupakan bagian dari ikhtiar kami seluruh warga bersama para masyaikh dan aktivis lingkungan untuk menyelamatkan laut agar tidak dirusak. Sekaligus memohon agar tetap diberi keselamatan dan terjalin persaudaraan khususnya di Desa Gersik Putih,” terang penanggung jawab kegiatan, Ahmad Siddik, Jumat, 26 Mei 2023.

Menurut Siddik, setidaknya diperkirakan ada 4 ribu warga dari daerah sekitar yang akan ikut hadir. Selain dari Kecamatan Gapura, juga akan ada keterlibatan dari 3 kecamatan lain, yakni Dungkek, Batuputih dan Batang-Batang.

Halaman Selanjutnya
img_title