Kabar Duka, Dua Jemaah Haji Asal Jawa Timur Meninggal di Madinah

Pemberangkatan jamaah haji
Pemberangkatan jamaah haji
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Jatim – 2 Jamaah haji asal Jawa Timur yang sudah berangkat dan tiba di Kota Madinah meninggal dunia. Hal ini diungkap oleh Ketua PPIH Embarkasi Surabaya, Husnul Haram, Minggu 28 Mei 2023. 

Kedua jamaah tersebut berasal dari jamaah kloter 9 asal Kabupatern Gresik dan jamaah kolter 1 dari Kabupaten Bangkalan

Menurut informasi yang didapat oleh Viva Jatim, Jamaah kloter 9 yang bernama  Ahmad Suhadak Riduwan meninggal terlebih dahulu pada Sabtu 27 Mei, pukul 09.00 waktu Madinah. Ia berusia 53 tahun, berasal dari Kecamatan Kebomas, Gresik, Jawa Timur.

Sedangkan, Jamaah kloter 1 asal Bangkalan yang wafat yaitu Langen Delem Dussalam berasal dari Kecamatan Socah Bangkalan. Almarhum meninggal pada usia 90 tahun, Sabtu 27 Mei pukul 22.30 waktu Madinah di Rumah sakit setempat. 

Husnul Maram menjelaskan jemaah yang meninggal dimakamkan di Madinah. "InsyaAllah husnul khotimah karena meninggal dalam momen melaksanakan ibadah haji di tempat yang penuh barokah yakni Madinah, " tuturnya. 

Hingga hari ini, jemaah haji Jawa Timur yang meninggal di daerah sejumlah 3 orang dan di tanah suci sejumlah 2 orang. 

Pada kesempatan  ini Husnul Maram berpesan kepada jemaah agar menjaga kondisi kesehatan selama di tanah suci. "Suhu di sana sangat panas sekitar 42'C sampai lebih dari 50'C. Karena itu jemaah harus banyak minum air untuk mencegah dehidrasi" pesannya.